Regional

Sinshe Teddy Lie Mewarisi Pijat Pengobatan

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

人生的旅程是一个谜,充满曲折,全能者的规定,我们只能活下去
Rénshēng de lǚchéng shì yīgè mí, chōngmǎn qūzhé, quánnéng zhě de guīdìng, wǒmen zhǐ néng huó xiàqù artinya perjalanan kehidupan adalah teka teki dan penuh lika liku,, diatur oleh yang maha kuasa kita hanya dapat menjalani nya

Sinshe adalah seseorang yang menguasai keterampilan dalam pengobatan tradisional Tiongkok.
Di Taman Kopo Indah 3 Blok E15, no 47 ada Sinshe yang ahli mengobati tulang bergeser, keseleo, sakit pinggang dan saraf kejepit namanya Teddy Lie memiliki seorang Putra namanya Nanda Prajna Lie mewarisi pijat pengobatan dari Teddy Lie.

Ilmu Pijat Pengobatan Teddy Lie diwariskan dari ibunya bernama Lanny Tjio Tjun Lan dan belajar juga kepada Engku Wiliam Cakradivira atau nama bekennya Tjio Wie Liong yang sudah buka praktek pengobatan urut sejak 1980 di jalan Pagarsih 314. Sementara itu Teddy Lie baru buka pengobatan secara Formal tanggal 1 Januari 2010. Ibunya Sinshe Teddy Lie belajar pijat pengobatan dari ayahnya yang bernama Tjio Tjiang Hin.

Selain pijat Pengobatan, Sinshe Teddy Lie juga belajar sedikit sedikit ilmu bela diri yaitu Kung-Fu Shaolin dari kakeknya yang bernama Tjio Tjiang Hin dan Engku Tjio Wie Liong nama lainnya William Cakradivira.
Waktu SD Teddy Lie suka dibully karena badannya kecil akhirnya oleh ayahnya waktu kelas 5 SD dimasukkin di perguruan Bela diri kung Fu Rajawali Emas di Jalan Emong, tahun 1978-1986 belajar pada Suhu Oey Cit Tiong salah satu guru kung Fu ternama di Bandung.

Sesudah belajar 1 tahun Teddy Lie memiliki rasa percaya diri dan berani berantem melawan orang yang membully nya, akhirnya tidak ada yang berani lagi membully nya. Sampai kelas 3 SMA saya suka ajak berantem sama kawan yang nakal dan suka membully atau sok jago. Kebetulan dari SD kelas 6 sampai SMA kelas 3, kalau berantem Teddy Lie bisa selalu menang karena mempelajari dasar seni bela diri dan kepercayaan dirinya. Tapi semenjak kuliah 1986 sampai detik ini Teddy Lie tidak pernah berantem lagi, karena merasa semakin tua harus semakin mengalah dan bertindak bijaksana. Semakin bertambah usia malah berusaha untuk selalu bisa menolong orang lain, sebatas kemampuannya.

Karena adanya film Yip Man menjadikan banyak orang mencari Kung fu Wing Chun, termasuk Teddy dan anaknya untuk mempelajari seni bela diri itu, sekitar bulan november 2009 Teddy Lie mendapat kabar di gardu jati ada, pada mulanya buat anak latihan, tapi setelah bicara sama Ko Dedi akhirnya mau membuka cabang di taman kopo indah 3 E15 no. 47, akhirnya bisa buka latihan di Taman kopo indah, tapi karena rumah Teddy termasuk kecil sedangkan orang yang latihan banyak pada saat itu telah mencapai 100 orang lebih, itupun terbagi menjadi senin kamis, selasa jumat, rabu sabtu, masing masing hari terdiri dari 2 kelas akhirnya sekitar bulan maret 2014 ditutup. Pada tahun 2014 – 2017

Teddy Lie belajar muay Thai, juga mengadakan di Taman kopo indah, pada tahun 2017 – 2020 awal belajar Wing Chun aliran alm. Sukong Yip man, yg diteruskan Sukong Yip Chun dari Hongkong membuka perwakilan Indonesia, pusat di Jkt yg didirikan oleh Sifu Martin Kusuma dan cabang di D’Groove Bandung pengajar Sifu Yayo.
Tahun 2017 Teddy Lie membuka Muay Thay pertama di perumahan Taman Kopo Indah
Itulah kisah hidup Sinshe Lie.