Pemerintahan

PERCEPAT PELAPORAN HASIL PELAKSANAAN PEMBANGUNAN, KELURAHAN LEUWIGAJAH LUNCURKAN SISTEM PELAPORAN ONLINE TERINTEGRASI (LAPOR)

Cimahi.Swara Jabbar Com.-Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat perlu didukung partisipasi  aktif masyarakat dalam hal pelaporan kegiatan terutama yang berkaitan dengan informasi, data hasil-hasil pembangunan yang telah dilaksanakan sebagai bahan evaluasi dan penentuan kebijakan rencana pembangunan kedepan. Berkaitan dengan hal tersebut, guna mempercepat sistem pelaporan Ketua RT , Ketua RW dan Lembaga Tingkat Kelurahan lainnya Kelurahan Leuwigajah meluncurkan Sistem Pelaporan Online Terintegrasi (LAPOR) pada Kamis (25/07) bertempat di Aula Kelurahan Leuwigajah yang dihadiri oleh Ketua RT, Ketua RW dan Ketua Lembaga tingkat kelurahan lainnya.

Diluncurkannya LAPOR dilatarbelakangi dari terkendalanya pelaporan kegiatan yang dilaksanakan Ketua RW, Ketua RT dan Lembaga di Kelurahan Leuwigajah setiap periodiknya yaitu kebingungan dalam membuat isi laporan kegiatan, tidak ada format baku pelaporan, terbatas tempat dan waktu, serta tidak adanya anggaran alat tulis kantor.

kepala Seksi Sarana dan Prasarana Lingkungan Kelurahan Leuwigajah Aries Reza Budianto selaku inovator LAPOR menyebutkan bahwa tujuan dari diluncurkannya LAPOR adalah untuk membantu dan mempermudah pelaporan kegiatan Ketua RT, Ketua RW, dan lembaga masyarakat tingkat  kelurahan leuwigajah.

“LAPOR ini kami rancang sebagai solusi dalam mengelola pelaporan kegiatan secara sederhana, cepat, tepat, tuntas dan terkoordinasi dengan baik serta memberikan akses untuk partisipasi masyarakat dalam menyampaikan laporan. selain itu lapor ini membuat pelaporan lebih efektif dan efisiensi biaya” jelasnya.

Sementara itu Kepala Kelurahan Leuwigajah Muhammad Thothoh Gozali Masduki menyebutkan bahwa sistem pelaporan online teritegrasi yang dibuat ini merupakan suatu kebanggaan bahwa semua SDM yang ada di Kelurahan Leuwigajah membuat inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kewilayahan dan pemerintahan.

“Dengan adanya LAPOR ini, saya mengajak dan berharap masyarakat untuk berpartisipasi aktif  dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yang pada akhirnya meningkatkan indeks kepuasan masyarakat” tandasnya. (Bidang IKPS)