Parlementaria

Hj.Elin Suharliah Apresiasi Program Gerbang Desa di Jabar.

Bandung.Swara Jabbar Com.-Program Gerbang Desa. Program ini bertujuan untuk menjembatani impian dan realitas warga desa dalam mencapai prestasi dan kesejahteraan melalui pemanfaatan teknologi dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Program Gerbang Desa mencakup berbagai inisiatif seperti pelatihan keterampilan, pengembangan usaha mikro, infrastruktur digital, pendidikan inklusif, dan pengembangan potensi desa. Melalui program ini, warga desa diberdayakan untuk mengaktifkan potensi yang dimiliki secara optimal.Hal ini dikatakan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Hj.Elin Suharliah.

Pandangannya terhadap perkembangan desa di Indonesia khususnya di Jawa Barat, tingkat kemajuan desa dari tahun ke tahun sangat signifikan. Hal ini dibuktikan dengan munculnya Kabupaten/Kota  yang sudah tidak lagi memiliki desa dengan strata tertinggal dan sangat tertinggal.

Lebih jauh, Legislator PDI Perjuangan Hj.Elin Suharliah menuturkan Di samping kemajuan tersebut, terdapat tantangan dalam mewujudkan desa yang kuat. “Setidaknya empat hal yang masih menjadi pekerjaan kita bersama, yaitu desa harus berdaulat secara politik yakni berdaya melaksanakan kewenangannya, desa harus memiliki kemampuan secara kapitalisasi menuju kemandirian ekonomi, desa harus bermartabat secara budaya, dan desa harus memiliki kekuatan secara sosial,” jelasnya.

“Gerakan Membangun Desa yang diatur dalam Pergub Jawa Barat Nomor 51 Tahun 2023 berkomitmen mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa melalui 15 program, yang salah satunya adalah Desa Sejahtera Juara,” ungkap Hj.Elin Suharliah.

Program Gerbang Desa diharapkan dapat menciptakan sinergi yang efektif dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa Tutupnya. (AP)