TNI

Pangdam III/Slw Sukseskan Program Kasad Untuk Citarum

Batujajar.Swara Jabbar Com.-Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT., mengikuti rangkaian kunjungan kerja Menko Marves RI Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan dalam rangka meninjau Program Unggulan Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., tentang pembersihan dan pengelolaan sampah. Kegiatan dilaksanakan di Sektor 9 Citarum, Batujajar Kab. Bandung Barat, Sabtu (10/08/2024).

Sungai Citarum beberapa waktu yang lalu dipenuhi sampah yang menumpuk, sehingga muncul gagasan Kasad untuk membuat Perahu Ponton Penarik Sampah Conveyor Darat, Mesin Pencacah dan Pemilah Sampah serta Alat Pembakar Sampah yang minim dengan polusi udara.

Melalui supervisi Kapuspalad Mayjen TNI R.D. Epi Setiadi, S.E, M.M., mesin digarap di Bengpuspal Bandung oleh teknisi TNI AD bersama pihak-pihak yang concern terhadap persoalan tersebut.

Menko Marves dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kasad beserta semua staf yang telah menunjukkan komitmennya terhadap pembersihan sampah.

”Saya tidak bisa membayangkan beberapa tahun yang lalu kita bisa jalan disekitar aliran air, karena penuh dengan sampah setebal 2 meter,” ucap Menko Marves.

Bapak Luhut menegaskan bahwa sampah merupakan masalah nasional karena sampah plastik yang dibuang di sungai akan mengalir ke lautan dan menjadi mikro plastik yang dimakan oleh ikan. Sehingga apabila kita mengkonsumsi ikan akan menimbulkan penyakit.

”Saya merasa senang karena kolaborasi antara TNI dengan Pemerintah Daerah, masalah sampah di sungai Citarum bisa diatasi,” tegas Menko Marves.

Sementara itu, Kasad mengucapkan terima kasih atas support dari Menko Marves terhadap Bengpuspal Puspalad yang sudah bisa membuat mesin untuk digunakan pada berbagai macam kegiatan yang terkait pengelolaan sampah.

”Mudah-mudahan dengan apa yang ada di TNI AD khususnya, Kami bisa mendukung kebijakan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah,” tutur Kasad.

Pada kesempatan tersebut Menko Marves, Kasad, PJ. Gibernur Jabar, Pangdam III/Slw, beserta rombongan meninjau produk unggulan dan kerja Mesin Ponton, Tungku Pembakaran Sampah, Mesin Pencacah Sampah dan Tanki Air. (Pendam III/Siliwangi).