Regional

Ini Amanat Pj Bupati Sumedang Saat Upacara HUT RI

Sumedang.Swara Jabbar Com.-Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli memimpin Upacara Bendera Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan HUT RI Ke- 79 Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Sumedang di Lapang Upacara PPS, Sabtu (17/8/2024). Upacara diikuti oleh seluruh unsur lapisan pemerintah dan masyarakat Sumedang mulai dari Forkopimda, para tokoh pejuang kemerdekaan, pimpinan perangkat daerah, unsur TNI dan Polri, tokoh masyarakat dan agama, sampai kalangan pelajar.

Pj Bupati Yudia Ramli menyebutkan upacara tersebut untuk engenang dengan penuh rasa hormat dan bangga perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan harta jiwa dan raga.  “Demi kemerdekaan yang dinikmati hari ini, semangat dan tekad mereka harus terus kita jaga dan kita teruskan kepada generasi mendatang,” kata Yudia Ramli.

Dikatakan Yudia, kemerdekaan merupakan dambaan hidup semua bangsa di dunia karena dengan kemerdekaan, suatu bangsa bebas menentukan yang terbaik bagi bangsanya sendiri.  “Demikian halnya dengan bangsa Indonesia, melalui perjuangan panjang dengan penuh pengorbanan baik harta benda maupun jiwa, para pejuang telah memproklamirkan Kemerdekaan yang kita rasakan saat ini sejak 79 tahun yang lalu,” tuturnya.

Sudah sepatutnya warga negara Indonesia mensyukurinya dengan cara melaksanakan peran dan fungsinya masing-masing untuk memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara umum.  “Caranya adalah melalui upaya peningkatan pemberdayaan masyarakat secara terus-menerus serta senantiasa melaksanakan tugas dan kewajiban kita sesuai dengan kapasitas masing-masing,” ujarnya.

Yudia mengajak kepada segenap masyarakat Kabupaten Sumedang untuk bersama-sama merevitalisasi makna kemerdekaan secara substantif sehingga lebih bermakna bagi kehidupan masyarakat dan bangsa.   “Mari wujudkan masyarakat Kabupaten Sumedang yang Maju Agamis Mandiri adil dan Berkelanjutan (Mandala),” kata Yudia.

Yudia mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Sumedang atas kesungguhannya berperan serta secara aktif dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia ini. “Terima kasih telah bersama-sama  mencurahkan perhatian dan kepedulian kita guna menanggulangi masalah kemiskinan ekstrem. Tentunya hal ini dengan diikuti aksi dan karya nyata yang bermanfaat dan maslahat bagi peningkatan kesempatan keberdayaan kekuatan dan kemandirian penduduk miskin dalam berbagai perikehidupan bermasyarakat dan bernegara,” tutur Yudia.

Terakhir Yudia berharap pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) pasa November tahun 2024  berjalan sukses tanpa eksessebagaimana suksesnya penyelenggaraan pemilu pada bulan Februari lalu. [*]