Pendidikan

Kabar Baik Hadiah Buat Siswa Indramayu Pemenang Lomba di Disdikbud Akan Diserahkan Serentak Pada Acara Ini

Indramayu.Swara Jabbar Com.-Dalam beberapa bulan terakhir,sejumlah siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengikuti berbagai lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten IndramayuIndramayu Jawa Barat.

Jenis lomba yang digelar diantaranya adalah Olimpiade Sains Nasional (OSN),Olimpiade Sains Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) serta Pentas Pendidikan Agama Islam.

Untuk OSN,cabang lomba yang dipertandingkan antara lain Matematika dan IPA.Sedangkan FLS2N meliputi lomba menyanyi tunggal, seni tari, pantomim, gambar bercerita dan kriya dolanan.

Lalu untuk O2SN yang diperlombakan yakni Kids’ Athletics, renang,
karate, pencak silat, bulutangkis dan taekwondo.Sementara Pentas PAI memperlombakan Cerdas Cermat PAI,Pidato Pendidikan Agama Islam (LPPAI), Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dan lain-lain.

Kepala Disdikbud Indramayu,H Caridin, didampingi Kepala Bidang Pembinaan SD,Untung Aryanto,menjelaskan seluruh rangkaian lomba telah dilaksanakan. Namun begitu ada satu lomba sejenis festival yang belum digelar, akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Caridin mengatakan,untuk mendukung terselenggaranya seluruh lomba, Pemkab Indramayu menggelontorkan anggaran miliaran rupiah. Anggaran itu digunakan untuk palaksanaan dan hadiah bagi pemenang lomba.

“Kami sudah menganggarkan hadiah bagi siswa SD dan SMP yang berprestasi dalam lomba. Ini sebagai bentuk apresiasi dari ibu bupati untuk mereka yang memang memiliki prestasi baik,” kata Caridin,Sabtu,03/08/2024.

Terkait dengan penyerahan hadiah uang pembinaan untuk siswa berprestasi tersebut, Caridin mengatakan sudah disiapkan dan akan dicairkan melalui rekening masing-masing.Uangnya, kata dia, bahkan sudah ‘parkir’ di kas Badan Keuangan Daerah.

Hanya saja,kata dia, sebagai bentuk apresiasi penyerahan uang hadiah melalui transfer bank, akan dilaksanakan dalam sebuah acara khusus.

“Jangan diartikan kami menahan hadiah uang pembinaan. Justru sebagai bentuk kebanggaan ibu bupati, penyerahan uang hadiah pembinaan dilaksanakan dalam sebuah acara. Kami sedang siapkan waktunya,” ujar Caridin.

Sekadar informasi seluruh jenis lomba yang digelar itu merupakan kompetisi di berbagai bidang mulai sains,olahraga,seni dan budaya. Hal itu untuk mengasah sekaligus mencari talenta berasal dari siswa SD dan SMP

 

 

Junedi