Regional

Perguruan Pencak Silat Munding Laya Siliwangi 313 Menggelar Acara Milangkala Ke 5 Lembaga Garda Kesatria 313

Kab.Bandung.Swara Jabbar Com.-Minggu 1 September 2024.Dalam rangka milangkala ke 5 Garda Ksatria Mundinglaya 313 dan Syukuran Perguruan Pencak Silat Mundinglaya Siliwangi, menggelar acara seni budaya pencak silat serta pemutaran perdana film sang pusaka pendekar Mundinglaya asal Kampung Ciheulangtonggoh RT 2 RW 17 Desa Ciheulang,Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung, yang akan digelar di padepokan Mundinglaya 313, pada Minggu (01/09/2024) malam.

Dalam acara milangkala ke 5 Garda Ksatria Mundinglaya 313 dan Syukuran Perguruan Pencak Silat Mundinglaya Siliwangi tersebut, dihadiri langsung oleh Ketua umum perguruan mundinglaya siliwangi 313 Sutarjat Jatilaya ( Bang Joy ), Ketua umum Lembaga Garda Ksatria Mundinglaya 313 Enjang Mahpud, Guru Besar Mundinglaya Amang P, para pengurus, para lembaga dan pemerintahan desa Ciheulang, muspika Ciparay, Muspida Kabupaten Bandung, para Paguron, serta tamu undangan lainya.

Dalam kesempatan itu didampingi Bendahara Garda Ksatria Budi Budiman bersama Muhamad
Rizal selaku sekretaris sekalingus panita pelaksana, Ketua umum Lembaga Mundinglaya 313 Enjang Mahpud mengatakan, milangkala ke 5 Garda Ksatria Mundinglaya 313 dan Syukuran Perguruan Pencak Silat Mundinglaya Siliwangi ini diharapkan seni budaya lokal khusunya pecak silat ini bisa terus dilestarikan oleh generasi muda , minimal nya mereka tau untuk generasi selanjutnya, ” ucapnya.

Dengan mempelajari tentang silat dan budaya budaya yang dulu sambung Enjang Mahpud, bisa menekan tindakan tindakan anak muda yang negatif, sehinga bakat generasi muda bisa tersalurkan dan terarah,” ujarnya.

Untuk Paguron nya kata Enjang Mahpud, lebih mengembangkan pada pelatihan re generasi dan menjaga serta memfasilitasi Paguron .
Contohnya seperti Mundinglaya, ini hasil kita di Garda semua berkumpul untuk Paguron Muding laya supaya maju pesat dalam segala hal, ” tururnya.

Ia juga merasa bersyukur pemerintahan Desa Cihelang juga sangat mendukung, seperti kemaren kami sudah menerima bantuan dari Pak Kades Ciheulang sebesar 15 juta yang bersumber Dana Desa untuk pembagunan fasilitas, dan ini emang belum selasai, ” imbuhnya.

Enjang Mahpud berharap, setelah tampil di pon tingkat kabupaten dan provinsi mudah mudahan kedepan Paguron munding laya bisa ikut tampil di pon tingkat jabar dan nasional,” tutupnya.

Dalam kesempatan itu Ketua umum Perguruan Mundinglaya Siliwangi 313 Sutarjat Jatilaya ( Bang Joy ), mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung (Support) atas terlaksananya acara milangkala Paguron Mundinglaya 313,” ucapnya.*(Didi.S)