Pemerintahan

Pemprov Jabar Cari 1500 Pesantren dan 2500 UMKM Juara

BANDUNG.SJN COM,-Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK)saat ini tengah mengadakan audisi untuk mencari 1500 pesantren Juara dan 2500 Usaha Mikro Kecil dan Menengah Juara yang akan dibimbing dan di dampingi untuk didorong mandiri secara ekonomi serta lebih maju.melalui audisi program One Pesantren One product (OPOP), UMKM Naik kelas, Koperasi juara, Wira usaha juara, dan digitalisasi Koperasi.

Hal ini dikemukakan kepala Dinas koperasi dan Usaha Kecil Kusmana Hartaji dalam acara jabar punya informasi yang laksanakan Humas pemprov jabar bertempat di Taman Parkir Timur Gedung sate, Bandung. Selasa. (9/4/2019).

“Program OPOP dan UMKM Juara sedang berjalan memasuki proses pendaftaran, program OPOP bertujuan untuk mendorong pesantren di Jabar, mandiri secara ekonomi”Ujarnya.

Pesantren di jabar memiliki potensi besar untuk mandiri secara ekonomi, hanya sebagian besar masih memerlukan pendampingan usaha mulai dari penggalian potensi hinga pemasaran, saat ini dari 9000 pesantren di jabar baru sebagian kecil yang memiliki kemandirian secara ekonomi.

Program OPOP dirancang dalam bentuk audisi, untuk ditentukan juara provinsi dan Kabupaten Kota selain berhak atas hadiah yang disediakan, mereka juga akan mendapatkan peningkatan wawasan dan pengetahuan serta pendampingan usaha.

Diparparkannya, kegiatan ini meliputipelatihan dan magang, pendampingan usaha, lomba produk unggulan pesantren danpameran selain itu dinas KUK juga akan bantu pesantren untuk membuka pasar bagi produknya hingga network link and match dengan pesantren lain yang punya produk berkaitan.

Dijelaskannya. Kegiatan OPOP ini telah dibuka sejak 1 Maret diperpanjang hingga 12 April 2019 secara online di Https://opop.jabarprov.go.id atau melalui kantor kecamatan terdekat untuk dibantu proses pendaftarannya.

Sementara untuk UMKM Juara pendaftaran dari 25 maret hingga 14 April 2019 secara online melalui www.umkmjuara.jabarprov.go.id. (dh)