TNI

Dansektor 7 Satgas Citarum Adakan Evaluasi Di Bantaran Sungai Citarum

KAB BANDUNG.SJN COM.-Kolonel Inf Jefson Marisano selaku Dansektor 7 Satgas Citarum memberikan pengarahan kepada anggota Sektor 7 dan para Relawan Citarum di bantaran Sungai Citarum Saung Bojongsayang Desa Rancamanyar Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, Rabu (29/12/2021).

Pengarahan ini sekaligus Evaluasi kegiatan Program Citarum Harum selama ini yang telah dikerjakan di Tahun 2021 yang sebentar lagi akan berakhir, dengan harapan agar kedepannya kegiatan Tahun 2022 menjadi lebih baik lagi. Disamping itu juga sekaligus untuk pengecekan anggota Sektor 7 dan Relawan Citarum apakah dalam keadaan sehat dan memberikan motivasi atau moril untuk selalu tetap semangat melaksanakan tugas serta selalu menjaga faktor keamanan.

Dansektor 7 Kolonel Inf Jefson mengatakan, Sesuai Perpres No. 15 Tahun 2018 tentang Percepatan, Pengendalian, Pencemaran Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum, selama ini di wilayah Sektor 7 sudah ada peningkatan dan sudah menjadi lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya, namun masih perlu ditingkatkan lagi upaya-upaya atau langkah-langkah baik dari segi penanganan limbah industri, limbah cair domestik, sampah, penataan bantaran Sugai Citarum, sedimentasi, banjir, ketahanan pangan dan hubungan masyarakat serta edukasi.

Kemudian kata Kolonel Inf Jefson, dalam penanganan limbah industri selalu memberikan sosialisasi kepada pelaku usaha industri dan pengecekan Ipal secara terpadu bersama fihak Dinas LH Kabupaten Bandung dan fihak Kepolisian. Dalam pelaksanaannya, Sektor 7 dalam penanganan Sampah juga memberikan edukasi kepada masyarakat diantarnya untuk tidak membuang sampah ke sungai atau sembarang tempat, namun masih saja oknum yang kurang disiplin sehingga perlu adanya TPS di tiap-tiap RW atau kampung.

“Penataan bantaran sungai dan pengerukan sedimentasi sudah baik dilakukan walau hanya menggunakan 3 unit alat berat (excavator) dan 1 unit ponton. Permasalahan Banjir juga berkurang dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang bisa menenggelamkan rumah warga masyarakat, namun kali ini banjir hanya setinggi lutut manusia dan dengan waktu tidak lama segera surut kembali,” jelasnya

Ditambahkannya, hal ini dikarenakan ada pembangunan kolam retensi di Andir dan 5 polder yang kesemuanya untuk mengatasi banjir. Ketahanan Pangan sudah dilakukan oleh anggota Sektor 7 yakni dengan memanfaatkan bantaran Sungai Citarum untuk berkebun ditanami pohon keras, pohon buah dan sayur-sayuran yang hasil panennya dapat dirasakan oleh warga masyarakat dan anggota Sektor 7 sendiri.

Hubungan masyarakat dan edukasi sudah berjalan dengan sendirinya yakni dengan melakukan komunikasi sosial, memberikan pengetahuan dan mengajak warga masyarakat untuk menjaga Sungai Citarum dan edukasi Program Citarum Harum di Sub Sektornya masing-masing.

Sebagai ajakan motivasi di akhir evaluasi, Dan Sektor 7 tidak bosan-bosannya selalu mengingatkan kepada anggotanya untuk selalu menjaga kesehatan dengan tetap mentaati aturan protokol kesehatan. Karena belum ada jaminan bahwa sudah di vaksin tidak terpapar covid-19. Walaupun sudah di vaksin tetap menjaga protokol kesehatan 5 M yakni tetap menggunakan masker, jaga jarak, rajin mencuci tangan, hindari kerumunan dan tidak melakukan mobilitas.
Selanjutnya Dan Sektor 7 juga memberikan sembako sebagai ungkapan rasa syukur masih diberikan kekuatan dan kesehatan sebagai Penjaga Sungai Citarum oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, Amin. (Prndam III/Siliwangi).