TNI

Sektor 23/Pembibitan Satgas Citarum Harum Melakukan Penanaman Di Petak 73

KAB BANDUNG.SJN COM.-Anggota Sektor 23/Pembibitan Satgas Citarum Harum melakukan penanaman dipetak 73 yang berada Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Sabtu (12/02/22).

Kegiatan ini di lakukan untuk menghijaukan lahan gundul yang masih ada di petak 73. Selain itu, guna mengantisipasi longsor ataupun banjir ke daerah dataran rendah dan menjalankan tugas pokok Sektor 23/Pembibitan.

Pada kesempatan tersebut, Pratu Opi selaku Anggota Sektor 23/pembibitan memerintahkan anggota membawa bibit kopi dan bibit kayu keras agar di tanam bersama sama di petak 73.

Ia juga menegaskan selain melaksanakan penanaman anggota sektor 23 juga wajib memberi arahan mengenai perawatan pada tanaman yang baik dan benar, terutama untuk masyarakat yang menanam tanaman di lahan yang memiliki kemiringan tidak wajar.

“Dengan kemiringan 45° seharusnya masyarakat sudah tidak bisa menanam dengan tanaman sayuran karena itu akan menimbulkan efek yang sangat merugikan yaitu terjadinya longsor”, tegasnya.

Menurutnya, Anggota TNI dan masyarakat melaksanakan penanaman dalam jarak tanaman yang sudah di tentukan sehingga tanaman akan tumbuh subur.

“Dengan melaksanakan penanaman dan pembinaan kepada masyarakat diharapkan agar pola pikir masyarakat akan lebih berkembang sehingga sasaran dari citarum harum akan tercapai”. Kata dia.

Ditempat terpisah, Dansektor 23 Kol. Inf. Mochamad Ridwan menjelaskan, selain melakukan penanaman, Anggota dan masyarakat juga melakukan perawatan pohon sebagai upaya tindak lanjut dari penanaman pohon yang sudah dilakukan pada waktu sebelumnya.

“Bukan hanya penanaman saja tetapi perawatan pun sangat penting agar pohon yang kita tanam bisa tumbuh sesuai harapan”. Jelasnya.

Menurutnya, Salah satu upaya dan perawatan pohon yang ditanam ini yaitu, dengan pembabatan rumput yang mengganggu pertumbuhan pohon sehingga tanaman ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

“Tujuan penanaman ini tidak lain, untuk melakukan percepatan konservasi lahan kritis dan gersang lahan terbuka hijau. Mengembalikan keasrian alam serta lahan terhindar dari erosi”. Jelasnya.

Tak hanya fokus penghijauan, Satgas Citarum juga tak bosan mengajak masyarakat untuk bersama-sama merawat pohon yang ditanam serta mengajak untuk menjaga kebersihan sungai Citarum.

“Karena jika bukan kita siapa lagi, mari kita kembalikan sungai kembali sesuai fungsinya”. Pungkasnya.

(DS)