Pemerintahan

Ziarah Ke TMP Cikutra Sebagai Upaya Meneladani Nilai-Nilai Kepahlawanan

Bandung.Swara Jabbar Com.-Ziarah Rombongan dan dilanjutkan tabur bunga yang dilakukan di TMP Cikutra Kota Bandung ini, memiliki arti yang sangat penting, disamping sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendharmabaktikan seluruh jiwa raganya, juga sebagai bukti kebesaran Bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya.

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, di sela-sela kegiatannya mendampingi Kasdam III/Slw Brigjen TNI Asep Syarifudin, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Jalan Pahlawan No. 382 Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (19/5/2022).

Lanjutnya mengatakan, bahwa kegiatan ziarah rombongan tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kodam III/Siliwangi tahun 2022, yang jatuh pada tanggal 20 Mei, ziarah dipimpin Kasdam III/Slw Brigjen TNI Asep Syarifudin, dan diikuti Irdam III/Slw, Kapok Sahli Pangdam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw, para Kabalakdam III/Slw, LO TNI AL, Danbrigif 15/Kujang II, Dandim 0618/Kota Bandung, dan pejabat lainnya, Prajurit dan PNS Kodam III/Slw, serta Wakil Ketua Persit KCK PD III/Slw beserta pengurus.

Seusai prosesi upacara dalam tabur bunga juga dilakukan peserta ziarah rombongan ke makam pahlawan yang pernah berdinas di Kodam III/Siliwangi, antara lain mantan Pangdam III/Slw yaitu Jenderal TNI (Alm) Yogi S Memed, Letjen TNI (Alm) Himawan Sutanto, Letjen TNI (Alm) Mashudi, Letjen TNI (Alm) Soewarto, Letjen TNI (Alm) R.A. Kosasih, Mayjen TNI (Alm) Aang Kunaefi, Mayjen TNI (Alm) Mustopo, dan Kolonel (Alm) Alex Kalilarang.

Dilanjutkan tabur bunga kepada para Pati, diantaranya Letjen TNI (Alm) M Sanip, Letjen TNI (Alm) Karta Kusuma, Mayjen TNI (Alm) A. Saleh, Brigjen TNI (Alm) Stepanus Mahori, selain itu tabur bunga kepada Kolonel (Alm) Otze Junjunan, dan di atas pusara Serka (Alm) Dedi Unadi (Orang Tua Letjen TNI Agus Subiyanto).

Sementara itu, ziarah rombongan tersebut juga, selain wujud menghormati dan mengenang jasa para Pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan kemerdekaan NKRI, juga diharapkan dapat merefleksikan semangat dan perjuangan para pahlawan ke dalam diri prajurit, untuk memantik semangat pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Kita selaku prajurit wajib mewarisi semangat dan perjuangan para pahlawan yang rela mengorbankan nyawa sekalipun demi tetap tegaknya NKRI,” imbuh Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto. (Pendam III/Siliwangi).