POLRI

Kodam III/Siliwangi Gunakan Aplikasi BMS Dalam Latihan Menembak Senjata Kelompok

Bandung.Swara Jabbar Com.-Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Siliwangi Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto menggelar konfrensi pers terkait Latihan Menembak Senjata Kelompok (Latbakjatpok) Terpadu dengan menggunakan aplikasi BMS (Beatlefield Management System) di Media Center Kodam III/Siliwangi Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung Jabar, Selasa (21/6/2022).

Dalam keterangannya kepada awak media, Kapendam menjelaskan bahwa latihan menembak senjata kelompok (Latbakjatpok) digelar di daerah latihan Pusat Pendidikan Infanteri Cipatat, Jalan Raya Cipatat, Kabupaten Bandung Barat beberapa hari yang lalu. Latihan menembak terpadu ini dilakukan untuk melihat bagaimana Sistem Informasi dan Sistem Komunikasi Terintegrasi serta teknologi BMS dapat dioperasikan dan dimanfaatkan dalam suatu pertempuran.

BMS merupakan suatu sistem untuk mendigitalkan Komando dan Pengendalian, mulai dari tahap tahapan operasi dan prosedur mekanisme pertempuran dimana sistem ini dapat meningkatkan daya tempur dan dukungan operasi prajurit di medan operasi. BMS ini dipilih atau digunakan, karena mempunyai keunggulan dalam teknologi digital, integrasi, dan kerahasiaan pada proses transfer data.

Dikatakannya, latihan yang di gelar melibatkan beberapa Kesatuan dengan mengerahkan anggotanya sesuai fungsi dan kecabangannya masing-masing antara lain, Hubdam, Paldam, Bekangdam, Den Intel , Zidam, Pendam, Infolahtadam dan Kesdam III/Siliwangi. Sedangkan Batalyon yang dilibatkan adalah Yonif 320/BP, Yonif R 300/BJW, Yonif 315/GRD, Yonif 310 /KK, Yon Zipur 3/YW, Yon Armed 4/105 GS/PG, Yonkav 4/KC dan Yonif 312/KH Kodam III/Slw.

Sementara itu sejata yang dipergunakan dalam latihan tersebut antara lain, SMB, Minimi, SMR, SPR AW, Mortir60/CO, Mortir 60/LR, Mortir 81/TPL, PSU Mag 58, SNB Brow 50 dan Pistol G2 Combat. Sedangkan ranpur yang dikerahkan, Tank AMX13 APC dan Tank AMX -13 Canon.

Kesatuan tersebut dilibatkan dalam operasi tempur di siang maupun malam hari. Dengan medapatkan input yang diberikan dari lapangan, Latbakjatpok Terpadu digelar dengan mengandalkan BMS sebagai informasi yang dapat memetakan posisi musuh, dan tindakan apa yang harus diambil.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa, dalam skenario latihan, pasukan pengintai melaksanakan pengintaian pada malam hari tentang keberadaan musuh di daerah operasi. Kemudian Site Command menerima laporan dari Tim Intelpur dan melaksanakan olah yudha untuk mengambil keputusan. Site Command memerintahkan pers pos untuk melaksanakan ambus pada malam hari, dan pers pos yang melaksanakan ambus melihat ada musuh melalui CCTV Termal (sensor panas) dan melapokan ke Site Command melalui fitur “Messenger” yang ada.

Selanjutnya Site Command setelah menerima laporan dari tim ambus, memerintahkan tim bakduk untuk melaksanakan penembakan ke sasaran yang terlihat melalui kamera termal.

Sementara itu dalam arahannya Pangdam III/Slw mengatakan, latihan tersebut merupakan upaya untuk membiasakan diri seorang Komandan dalam proses pengambilan keputusan, dalam kondisi apapun mampu mengambil keputusan yang pasti dan tepat pada sasaran. Pangdam pun berharap generasi yang akan datang harus memiliki gambaran yang menghasilkan output yang tepat, meskipun dalam pelaksanaannya pasti ada perbaikan secara teknis namun dalam sistem manajerialnya berani dalam mengambil keputusan.

“Latihan menembak senjata kelompok yang digelar Kodam III/Slw merupakan langkah maju dalam upaya mengasah ketajaman prajurit bertempur pada malam hari dengan memanfaatkan perkembangan teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komunikasi Terintegrasi serta teknologi BMS,” pungkasnya.

Hadir dalam pelaksanaan Latbakjatpok, Pangdam III/Slw, Asops Kasdam III/Slw, Kapaldam III/Slw, Kapendam III/ Slw, Kahubdam III/Slw, Kabengrahdam III/Slw, Wakapendam III/Slw, Dandim 0609/Cimahi, Danyon Armed 4/ 105 GS, Danyonif Raider 300/BJW, Danyonif 310/ K K, serta Danyonkav 4/ KC. (Pendam III/Siliwangi).