Anggota Komisi I DPRD Jabar Elin Suharliah : Desa Mandiri Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Subang.Swara Jabbar Com.-Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PDI Perjuangan Hj.Elin Suharliah melaksanakan kunjungan kerja ke Desa Mariuk Kecamatan Tambak Dahan Kabupaten Subang. Kamis (08/09/2022).

Politisi Perempuan PDI Perjuangan Hj.Elin Suharliah yang bertugas di Komisi I DPRD Jabar menuturkan kunjungan kerja ini dalam rangka meninjau kegiatan Desa Mandiri yang berlokasi di Desa Mariuk di Kabupaten Subang dan didampingi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat.

Desa Mandiri adalah desa yang mempunyai ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar yang mencukupi, infrastruktur yang memadai, aksesibilitas/transportasi yang tidak sulit, pelayanan umum yang bagus, serta penyelenggaraan pemerintahan yang sudah sangat baik ungkap Hj.Elin Suharliah.

Lebih lanjut, Hj.Elin Suharliah mengungkapkan Desa Mandiri adalah desa yang bisa memenuhi kebutuhannya sendiri dan tidak semata bergantung dengan bantuan dari pemerintah. Kalaupun ada, sifatnya hanya stimulan atau perangsang.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa desa mandiri adalah desa yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan pembangunan desa dan memberikan penghidupan yang layak bagi masyarakatnya imbuh Hj.Elin.

Politisi Perempuan PDI Perjuangan Dapil Jabar III ( Kabupaten Bandung Barat) berharap Peningkatan jumlah Desa Mandiri dapat menunjukkan peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat Desa ucapnya.

Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat Pembangunan Desa tertinggal telah dapat dituntaskan seluruhnya dari 18 menjadi Desa Berkembang dan Maju. Dengan demikian Jabar telah berhasil Zero Desa Tertinggal pada 2022 ini.

Desa Mandiri mengalami peningkatan signifikan dari semula berjumlah 586 desa pada tahun 2021 menjadi 1.130 desa dengan 544 merupakan Desa Mandiri baru.

Proporsi Jumlah Strata Desa Maju sekarang mengalami peningkatan lebih banyak dibanding strata Desa Berkembang, sehingga tahun 2022 jumlah Desa Maju berjumlah 2.511 desa dan Desa Berkembang berjumlah 1.671 desa pungkas. Hj.Elin Suharliah (AP)


Notice: compact(): Undefined variable: limits in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Notice: compact(): Undefined variable: groupby in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.