Pemkab Kuningan Siapkan 7.200 Vaksin Cegah PMK

Kuningan.Swara Jabbar Com.-Kadis Peternakan Dadi Hariadi melalui Kabid Peternakan Lya Priliawati vaksin PMK dalam keterangannya kepada media mengatakan di Kabupaten Kuningan sudah diambil dari Provinsi dengan jumlah 7.200 dosis dalam 72 botol.

“Rencana penggunaan adalah 5.200 dosis untuk sapi perah dan 2.000 dosis untuk sapi potong,” tuturnya,

Diterangkan, vaksinasi PMK pada sapi potong dilaksanakan di Desa Dukuhbadag Kecamatan Cibingbin. Dipilihnya Dukuhbadag karena di desa ini banyak terdapat sapi Pasundan.

“Sapi pasundan yang merupakan plasma nutfah asli Jawa Barat yang perlu dilestarikan keberadaannya. Sehubungan Kabupaten Kuningan juga sudah ditetapkan sebagai Wilayah Sumber Bibit Sapi Pasundan Jawa Barat bersama Kabupaten Garut,” ungkapnya

Sebelumnya, Bupati Kuningan Acep Purnama memonitoring langsung pelaksanaan Vaksinasi tersebut di Desa Dukuhbadag Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan.

Peninjauan tersebut sengaja dilakukan Bupati untuk memberikan pesan kepada masyarakat bahwa meski tengah dilanda wabah PMK, stok hewan sehat masih aman.

“Para peternak dan para pengusaha juga tentunya dengan adanya vaksin ini akan lebih tenang bahwa sapi-sapi atau hewan ternak yang ada di Kabupaten Kuningan maupun secara nasional bahwa dengan adanya vaksinasi ini kondisinya sudah lebih sehat atau kekebalan tubuhnya sudah lebih bagus karena virus PMK ini sangat cepat sekali penularannya sehingga butuh vaksin dengan kapasitas yang besar,” pungkasnya. (die)


Notice: compact(): Undefined variable: limits in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Notice: compact(): Undefined variable: groupby in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.