Pemprov Jabar Berikan Kompensasi Bagi Peternak Sapi dan Domba Terdampak PMK

Bandung.Swara Jabbar Com.-Para peternak terkena dampak penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) akan dibantu Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar M. Arifin Soedjayana menjelaskan, pihaknya akan membantu mengurus ke pemerintah pusat, karena pemerintah pusat sudah menyiapkan dana kompensasi untuk para peternak yang terkena imbas dari penyebaran virus PMK.

“Kita bantu, setelah ada usulan dari pemerintah kota/kabupaten,” kata Arifin, di Bandung belum lama ini.

Menurut Arifin Pemprov Jabar masih menunggu usulan dari Pemda Kabupaten/Kota.

Jika usulan itu sudah masuk, pihaknya segera meneruskan usulan tersebut kepada Pemerintah Pusat.

“Sampai saat ini kita belum mendapatkan usulan dari pemerintah kota/kabupaten. Jadi kita masih menunggu,” ujarnya.

Terkait besaran kompensasi, dijelaskannya pemerintah pusat menyediakan anggaran ganti rugi Rp 10 Juta untuk satu ekor sapi dan kerbau. Sedangkan untuk domba dan kambing Rp 1,5 Juta per ekor.

“Pemerintah Pusat memberikan bantuan kepada peternak yang ternaknya mati, yakni Rp10 juta per ekor untuk sapi perah, sapi potong, dan kerbau sedangkan untuk domba dan kambing Rp1,5 juta per ekor,” ungkapnya.

“Jawa Barat ada sekitar 5.000 ekor yang teralokasikan. Tapi, kabupaten/kotanya belum mengusulkan ke kita untuk diusulkan ke pusat,” tutur Arifin. (die)


Notice: compact(): Undefined variable: limits in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Notice: compact(): Undefined variable: groupby in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.