Pemerintahan

Vaksin 3.400 Dosis Atasi PMK

Kabupaten Sukabumi.Swara Jabbar Com.-Wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK di Kabupaten Sukabumi mulai meningkat. Berdasarkan data Dinas Peternakan.

Total sudah ada 351 kasus. Percepatan distribusi vaksin diperlukan guna mencegah penyakit agar tak semakin menyebar luas menyerang hewan ternak.Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi Dedah Herlina mengatakan ratusan kasus PMK ini diduga berasal dari hewan kiriman luar daerah kemudian menular ke ternak lokal.“Dari total 351 kasus, ada yang dipotong paksa 20 ekor, kemudian mati 11 ekor, sembuh 82 ekor dan masih sakit 238 ekor,” ujarnya.

Untuk mencegah kasus semakin meningkat, Dedah memastikan Kabupaten Sukabumi telah mendapat jatah vaksin PMK sebanyak 3.400 dosis dari pemerintah pusat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat. “Untuk sekarang baru dapat 34 botol (3.400 dosis). Hari ini sedang diambil di Bandung,” ungkapnya.

Menurut Dedah, vaksin PMK ini dikhususkan bagi peternak rakyat. “Kalau perusahaan tidak diberi karena sudah mengajukan vaksinasi mandiri,” sambungnya. Selain itu, ia memastikan vaksin PMK ini hanya bagi hewan ternak seperti sapi dan kerbau yang belum terpapar. “Kalau yang sudah terpapar vaksinasinya nanti setelah 6 bulan dari sembuh,” tambah dia.

Setelah ribuan dosis vaksin PMK tiba di Kabupaten Sukabumi, Dedah memastikan distribusinya kepada para peternak akan dilakukan secepatnya. (*)