Eco Enzyme : Ramuan Alternatif untuk Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

Bandung.Swara Jabbar Com.-Dalam menghadapi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) para peternak memberikan penanggulangan ekstra untuk memberi kesembuhan kepada hewan ternaknya. Diantaranya ada yang memberikan ramuan empon-empon (Rempah) tradisional dan juga larutan kimia Eco-Enzyme yang dipercaya bisa membantu meredakan luka pada hewan ternak.

Penggunaan eco-enzyme ini mampu mengurangi secara signifikan munculnya air liur yang berlebihan pada hewan ternak yang terpapar PMK.

eco enzyme ini bisa dibuat sendiri karena bahan-bahannya mudah didapat di rumah tangga yakni dari hasil dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayura dicampur dengan gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu), dan juga air.

Bahan-bahan ini kemudian difermentasi dalam bak plastik berpenutup rapat dalam jangka waktu paling sedikit 90 hari.

Penyimpanan harus diletakkan di tempat yang bersih dan teduh. Disarankan untuk meletakkan sebelah wadah diletakkan tanaman lidah mertua untuk menetralisir gas metana.

Eco enzyme bisa menjadi cairan serbaguna dan pengaplikasinya meliputi rumah tangga, pertanian, dan bahkan peternakan.

Pada dasarnya, eco enzyme ini akan mempercepat reaksi bio-kimia di alam untuk menghasilkan enzim yang berguna.

Dalam contoh penanganan kasus PMK ini, kita bisa menggunakan hanya dengan sedikit Eco Enzyme yang dicampur air biasa dengan perbandingan 1; 1.000. Bisa menghilangkan bau kandang dan menyemprot tubuh sapi agar segera terhindar dari PMK

Untuk penggunaannya bisa mengikut tata cara berikut ini :

1. Aplikasi untuk Luka Kuku, Badan, dan Mulut

Menggunakan Eco Enzyme murni (tanpa perlu pencampuran apapun) dan disemprotkan sesering mungkin pada bagian luka dengan mengunakan alat semprot tanam.

2. Aplikasi Untuk Konsumsi

Peternak juga dapat mengaplikasikan Eco Enzyme dengan mencampurnya ke dalam air minum hewan yang terjanjgkit PMK. Takarannya ialah satu liter Eco Enzyme untuk seribu liter air.

3. Aplikasi untuk Pembersihan Kandang.

Pemilik hewan ternak terjangkit PMK dapat menggunakan Eco Enzyme untuk membersihkan kandang ke lingkungan sekitar kandang untuk membantu memurnikan eko sistem tanah sekitar kandang.
Untuk mensterilkan kandang atau kotoran hewan terjangkit PMK, dapat menggunakan satu liter Eco Enzyme dengan seribu liter air (*)


Notice: compact(): Undefined variable: limits in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Notice: compact(): Undefined variable: groupby in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.