Parlementaria

Legislator Gerindra Hery Ukasah Sulaeman Apresiasi Banyak Desa Maju dan Mandiri.

Sumedang.Swara Jabbar Com.-Sumedang merupakan kabupaten yang menjadi bagian dari Cekungan Bandung Raya. Sumedang dahulu merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Sumedang Larang.

Kabupaten Sumedang terdiri atas 26 kecamatan, 7 kelurahan, dan 270 desa. Sumedang, ibu kota kabupaten ini, terletak sekitar 45 km dari Kota Bandung.

Kabupaten Sumedang disebut sudah tidak lagi memiliki desa tertinggal dan sangat tertinggal. Sehingga desa-desa di Sumedang masuk dalam kategori berhasil maju dan mandiri.Hal ini mendapat Apresiasi dari Anggota DPRD Jawa Barat Dapil IX (Sumedang-Majalengka-Subang) Hery Ukasah Sulaeman.

Legislator Partai Gerindra Dapil IX (Sumedang-Majalengka-Subang) menuturkan berdasarkan data Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, dari total 270 Desa, presentase kategori Desa berkembang tercatat di bawah 20 persen, atau tersisa 42 desa yang masuk kategori desa berkembang di Sumedang.

Sementara sisanya, yaitu sebanyak 147 desa masuk kategori desa maju, dan 81 desa lainnya dinyatakan masuk dalam kategori desa mandiri.

“Berdasarkan data tersebut, menunjukkan secara keseluruhan desa-desa di Kabupaten Sumedamg, sudah mempunyai ketersediaan dan akses pelayanan dasar yang mencukupi, infrastruktur memadai, aksesibilitas yang tidak sulit, pelayanan yang bagus,” tuturnya.

Dan dengan banyaknya desa yang sudah mandiri dan maju, menunjukkan lagi bahwa penyelenggaran pemerintah desa di Kabupaten Sumedang sangat baik sehingga dapat memajukan desa,” ucapnya.

Dengan banyaknya Desa yang maju dan mandiri, berharap dapat membawa kamajuan bagi desa di Sumedang dan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat” tutup Hery Ukasah Sulaeman.(AP)