Pemerintahan

SARLING JABAR, Tinjau Ciamis, Ridwan Kamil: Manfaat Pembangunan Harus Dirasakan Warga

Ciamis.Swara Jabbar Com.-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengawali Siaran Keliling di Pasar Galuh, Kabupaten Ciamis, Rabu (26/10/2022).

Kang Emil, sapaan akrabnya, tiba pukul 07.00 WIB didampingi Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, dan kegiatan Siaran Keliling (Sarling) langsung menuju Pasar Galuh untuk monitoring harga kebutuhan pokok.

Usai berdialog dengan sejumlah pedagang, Kang Emil menyebut, harga kebutuhan pokok di Pasar Galuh relatif stabil.

“Harga rata-rata di sini secara umum normal tidak ada kenaikan berarti,” kata Kang Emil.

Kenaikan terjadi pada beberapa komoditas saja tak lebih dari Rp 2.000. Bahkan pada sebagian komoditas harga cenderung mengalami penurunan.

“Satu dua ada kenaikan Rp 2.000, artinya masih terkendali, malah beberapa komoditi cenderung turun,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi komoditas seperti beras dan sayuran yang dijual di Pasar Galuh berasal dari Ciamis, tidak impor dari wilayah lain. Ini yang menjadi salah satu sebab harga menjadi stabil.

Pasar Galuh pun kini sudah mulai menerapkan transaksi non tunai, di antaranya menggunakan metode QRIS.

Hal ini disambut baik oleh Kang Emil karena seluruh pasar tradisional di Jabar akan ditransformasi digital secara bertahap.

“Untuk pasar kita ingin tingkatkan, khususnya di Ciamis transaksinya sudah pakai digital atau QRIS. Jadi jangan semuanya tunai. Suatu hari kita akan hidup dengan teknologi,” tutur Kang Emil.

Selain memantau pasar, kegiatan Sarling di Tatar Galuh juga untuk menyerap aspirasi dari masyarakat.

Dalam kesempatan ini Kang Emil berdialog dengan sejumlah tokoh masyarakat, agama dan tokoh adat di aula Kantor Kecamatan Kawali. Ia ingin program-program pembangunan dapat dirasakan manfaatnya oleh warga Ciamis.

Kegiatan lainnya, yaitu Deklarasi Anti Hoaks dan Anti Intoleransi di SMA Negeri 1 Kawali, serta pembukaan Festival Egrang 2022 di depan Situs Astana Gede Kawali.

Sementara itu Ketua Tim PKK Jabar Atalia Praratya Kamil memantau pelayanan KB di Posyandu Rancamaya, TK Al Hidayah, meninjau produk Dekranasda dan One Pesantren One Product (OPOP), serta monitoring Sekoper Cinta Kabupaten Ciamis.

“Program pembangunan di Ciamis akan terus kita tingkatkan, seperti destinasi wisata dan Tol Cigatas. Lewat Sarling ini kita juga ingin tahu sejauh mana program dirasakan manfaatnya oleh warga, maka itu kita selalu bawa beberapa kepala dinas terkait,” ujar Kang Emil. (die)