Pemerintahan

Kenali Ciri-Ciri PMK pada Ternak Sapi dan Domba

Kab Badg.Swara Jabbar Com.-Untuk mewaspadai ciri-ciri PMK pada kambing dan domba. Jajaran kepolisian mendatangi langsung para pedagang ternak di Pasar Banjaran, Kabupaten Bandung.

Kegiatan pengecekan kesehatan ternak untuk mengantisipasi wabah PMK jelang Idul Adha 2022. Dipimpin secara langsung Panit Binmas Polsek Banjaran Ipda Jajang.

Dalam kesempatan tersebut. Panit Binmas Polsek Banjaran turut berdialog dengan beberapa pedagang hewan kurban agar peka ciri-ciri PMK pada kambing dan domba.

Dihadapan Ketua Kelompok Pedagang Domba Pirman Baehaqi. Jajang berpesan agar rajin mengecek hewan di pasar dengan mengenali ciri-ciri PMK pada kambing dan domba.

“Hal ini dalam rangka mencegah penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Bandung dan khususnya di wilayah Banjaran,” ungkapnya.

Panit Binmas itu juga menghimbau para pedagang kambing dan domba. Untuk selalu menjaga kesehatan hewan dan menjaga kebersihan kandang ternak masing-masing.

“Karena penyakit ini cepat menular maka harus tahu gejalanya seperti air liur pada mulut yang secara terus menerus dan juga adanya kuku yang mengelupas,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Banjaran Kompol Heri Suryadi berharap dengan kegiatan yang dilakukan jajarannya ini mempercepat pendataan ternak yang terinfeksi PMK.

“Bila terindikasi hewan ternaknya PMK segera koordinasi dengan dinas peternakan sehingga dapat cepat diminimalisir penyebaran penyakit tersebut,” ungkap Heri.

“Kami berpesan kepada pemilik ternak agar selalu memperhatikan faktor kebersihan kandang, sebagai salah satu cara mencegah supaya tidak tertular PMK,” sambungnya.(*)