Pemerintahan

Dinas Peternakan Kuningan Terus genjot Vaksinasi PMK

Kuningan.Swara Jabbar Com.-Dinas Peternakan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, terus menggenjot capaian vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di daerah itu, untuk menekan penyebaran kasus penyakit tersebut

“Kami masih terus menggenjot vaksinasi PMK, karena belum selesai,” kata Hewan Medik Veteriner Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kuningan Rofiq saat dihubungi melalui telepon di Kuningan.

Rofiq mengatakan saat ini capaian vaksinasi PMK di Kabupaten Kuningan baru menyasar sekitar 4.600 ternak yang tersebar di beberapa daerah.

Untuk itu lanjut Rofiq, pihaknya terus menggenjot vaksinasi PMK, agar secepatnya bisa terselesaikan, karena vaksinasi tahap pertama, Pemkab Kuningan mendapatkan sebanyak 7.200 dosis.

“Kami baru melakukan vaksinasi kurang lebih 4.600 ternak, dari sasaran 7.200,” ujarnya.

Ia menargetkan dalam beberapa hari ke depan capaian vaksinasi diharapkan mencapai 100 persen, dari jumlah vaksin yang diterima.

Karena kata Rofiq, dengan dilakukannya vaksinasi, maka penyebaran PMK dapat ditekan dan para peternak bisa kembali tenang.

Namun, lanjut Rofiq, vaksinasi PMK di Kabupaten Kuningan, terkendala dengan minimnya sumber daya manusia (SDM) yang bertugas melakukan vaksinasi.

“Karena kami hanya memiliki tiga dokter hewan, dan satu tambahan dari koperasi, sehingga vaksinasi juga lambat,” katanya. (*)