Parlementaria

Anggota DPRD Jabar Hj.Tia Fitriani : Antisipasi Krisis Pangan

Bandung.Swara Jabbar Com.-Banyak skema yang dapat dilakukan Pemprov Jabar untuk mengantisipasi krisis pangan. Selama ini Pemprov Jabar pun sudah melakukan terobosan untuk memperkuat ketahanan pangan daerah.
Namun itu belum optimal. Maka Anggota Komisi II DPRD Jabar  Hj,Tia Fitriani mengatakan dalam mengantisipasi adanya krisis global yang terjadi pada saat ini, dimana berdampak hampir di segala aspek pokok kehidupan diperlukan skema yang melibatkan seluruh potensi.

Pertama kata dia, dengan mulai mengupayakan produksi sendiri secara berkesinambungan terhadap produk-produk yang bersumber dari impor. Dia mencontohkan soal gandum dan kedelai. Kedua komoditi ini sangat memungkinkan untuk dibudidayakan di Jawa Barat, karena memiliki geografis yang mendukung.

“Soal pangan, sesuatu yang hari ini menjadi isu global karena tidak hanya bicara masalah kekurangan pangan di berbagai negara, tetapi juga masalah ketersediaan dalam jangka panjang. Imbas dari perang Rusia dan Ukraina, yang menyebabkan jalur distribusi tidak bisa berjalan normal. Bahkan ini diperparah dengan adanya krisis ekonomi,” kata Hj.Tia Fitriani

 

Menurut dia Jawa Barat selama ini belum dapat menyediakan pangan secara mandiri. Salah satu buktinya adalah kedelai dan jagung yang masih harus didatangkan dari luar.

Maka soal ini disebutkan Hj.Tia Fitriani , harus menjadi pemikiran bersama. Untuk beras, lanjutnya, per hari ini tidak ada impor. Tetapi berdasar pola konsumsi yang sangat tinggi di masyarakat terhadap produk berbahan baku dari kedelai dan gandum, maka ini harus jadi perhatian bersama pungkasnya. (AP)