Ragam

Ayam Ngohiong Akulturasi Kuliner

Bogor.Swara  Jabbar Com.-充满活力的生活总是在不断发展创造新的创造
Chōngmǎn huólì de shēnghuó zǒng shì zài bùduàn fāzhǎn chuàngzào xīn de chuàngzào artinya kehidupan yang dinamis selalu berkembang menciptakan kreasi baru
11 Desember 2022 saya dan istri saya Julia Christiani Utami bersama Eni dan Lilis ke Bogor khusus hanya untuk makan ngohiong di jalan Pajajaran Bogor, ada tempat kuliner selain taoge goreng, ada soto mie bogor disana juga ada masakan Ngohiong. Apakah itu Ngohiong? Ngohiong adalah Akulturasi kuliner nusantara dengan bumbu masakan China. Makanan dan Masakan akulturasi budaya adalah Cap Tjay, Nasi Lengko, Nasi Jamblang, Tahu Gejrot, Bubur Bakmoy, Taoco, Mie Koclok, Tahu Gimbal, Mie Yamien, Mie Laksa, Lunpia, Tahu Sumedang, Bakpia, Lontong Cap Go Me dan Ngohiang itu semua adalah akulturasi kuliner yang awalnya dibuat oleh warga Tionghoa di Indonesia, dan yang hanya ada di Indonesia, Asal Usul Ngohiong ada yang bilang asli Betawi, ada juga yang menyatakan berasal dari Bogor dengan bumbu masakan China. Ngohiong telah ada sejak abad ke 18 di Bogor. Ngohiong sebenarnya adalah sebutan untuk 5 rempah utama pada masakan China.

Namun, di Indonesia istilah ini lebih dikenal untuk jenis makanan berupa kulit tahu isi daging cincang dengan bubuk ngo hiong. bumbu ngohiong terbuat dari cengkeh, adas, kayu manis, dan adas bintang. Rempah khas China yang satu ini dipercaya memiliki filosofi keseimbangan antara yin dan yang.

Pada masakan china, bumbu ini biasanya paling sering digunakan untuk membumbui daging, ikan, dan hidangan unggas yang direbus atau dipanggang. Bumbu ngohiong atau disebut juga dengan nama Five Spice Powder adalah sejenis campuran bumbu khas China.

Melansir dari The Spruce Eats, bumbu ngohiong terbuat dari cengkeh, adas, kayu manis, dan adas bintang. Rempah khas China yang satu ini dipercaya memiliki filosofi keseimbangan antara yin dan yang.

Pada masakan china, bumbu ini biasanya paling sering digunakan untuk membumbui daging, ikan, dan hidangan unggas yang direbus atau dipanggang.

Asal mula bumbu ngohiong
Banyak yang berspekulasi mulanya bumbu ngohiong digunakan sebagai obat untuk menyeimbangkan yin dan yang. Angka lima diyakini sebagai angka pengobatan.

Lima bumbu mencakup keseimbangan rasa utama, yaitu interaksi yang menarik antara dingin (yin) dan hangat (yang).

Bahan bumbu ngohiong
Umumnya bumbu ngohiong di China, terbuat dari merica asal Sichuan, cengkeh, adas, kayu manis, dan adas bintang.

Tidak jarak bumbu ngohiong juga dapat mencakup biji adas manis, akar jahe, pala, kunyit, kapulaga, polong amomum villosum (tumbuhannya mirip jahe, dan buahnya mirip dengan kapulaga), licorice (akar manis) kulit jeruk, atau lengkuas.

Sementara di China bagian selatan, bubuk ngohiong menggunakan kayu manis Saigon dan kulit jeruk untuk menggantikan kayu manis dan cengkeh china.

Ini membuat bumbu ngohiong dari China bagian selatan rasanya sedikit berbeda dibandingkan dengan bumbu ngohiong dari daerah lain di China.
Disini kita mengenal Ngohiong adalah kulit tahu isi ayam dan daging cincang. Lalu digoreng dan diberi taburan kremes.Ngohiong sebenarnya adalah sebutan untuk 5 rempah utama pada masakan China.

Namun, di Indonesia istilah ini lebih dikenal untuk jenis makanan berupa kulit tahu isi daging cincang dengan bubuk ngo hiong.

Resep ngohiong ayam
Bahan 1

500 gram daging ayam cincang
500 gram udang, kupas dan cincang
2 butir telur, kocok lepas
3 buah wortel, kupas dan potong dadu
5 lembar daun bawang, iris halus
60 gram tepung sagu
Baca juga: Cara Kupas Kulit Udang agar Daging Tetap Utuh, Bersih, dan Segar

Bahan 2

2 lembar kulit tahu, potong setiap lembar menjadi 8 bagian
1 butir putih telur untuk perekat
Bumbu halus

4 siung bawang putih
6 buah bawang merah
2 sdt garam
2 sdm gula pasir
2 sdt bubuk ngo hiong
4 sdm minyak wijen
1 sdt merica bubuk
3 sdm air perasan jahe
Bahan kremesan

100 ml kuah rebusan ayam
210 gram tepung beras
90 gram tepung sagu atau tapioka
3 kuning telur
1 1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
Cara membuat ngohiong ayam
1. Campur bahan 1 dengan bumbu halus, aduk rata. Bagi adonan daging menjadi 12 bagian
2. Bentangkan selembar kulit tahu. Letakkan adonan daging di atasnya. Gulung seperti spring roll. Rekatkan ujung kulit dengan putih telur.

3. Bungkus masing-masing gulungan daging dengan alumunium foil. Kukus selama 45 menit. Angkat dan dinginkan
4. Goreng sampai kulit berwarna kuning kecoklatan. Tiriskan dan potong sesuai selera.

5. Kremesan: saring kuah rebusan ayam. Ambil 1 liter. Biarkan dingin
6. Masukkan tepung beras, tepung sagu, kuning telur, baking powder, dan garam. Aduk menggunakan balloon whisk sampai tepung dan telur larut.

7. Tuang minyak cukup banyak ke wajan, panaskan sampai tinggi
8. Tuang 500 ml larutan kremesan menggunakan gelas ukur ke atas minyak panas.

Caranya memutar di atas minyak mengelilingi wajan. Tujuannya larutan tepung dapat tertuang menyebar. Lakukan sampai larutan kremesan habis.

9. Biarkan kremesan mengambang di atas minyak, goreng sampai kekuningan dan balik. Angkat dan tiriskan. Sisihkan
10. Tata ngohiong ayam di atas piring saji, beri taburan kremes.

(Jeremy Huang Wijaya)