Parlementaria

Jajang Rohana Ketua Pansus I LKPJ Melaksanakan Pemantauan Jalan Tol Cisandawu.

Sumedang.Swara Wanita Net.-Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan atau disingkat dengan Jalan Tol Cisumdawu adalah sebuah jalan tol sepanjang 62,60 kilometer bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang berada di Jawa Barat menghubungkan daerah Bandung, Sumedang, dan Majalengka.

Ketua Pansus I LKPJ Jajang Rohana beserta rombongan melaksanakan Pantauan Pembangunan TOL Cisandawu. Rabu (5/4/2023).

Jalan Tol Cisumdawu ini direncakan akan dibuka fungsional untuk pemudik pada tangaal 15 April ini.

Namun, dari semua persiapan yang telah dilakukan untuk mudik, prioritas utama mendorong bagi keselamatan pengguna jalan tol.

“Priorotas adalah keselamatan, keamanan, dan kelancaran pengguna jalan tol,” kata Jajang.

Lebih jauh Legislator PKS Dapil Jabar II (Kabupaten Bandung) Jajang Rohana mengatakan, proyek pembangunan jalan Tol Cisumdawu ini bisa diselesaikan sesuai target guna membantu dalam kelancaran arus mudik 2023.

“Kita cek progres dan kesiapan proyek pembangunan Tol Cisumdawu dalam rangka upaya membantu kelancaran arus mudik tahun 2023,” kesiapan Tol Cisumdawu diperkirakan jalan tol itu bisa dilalui secara fungsional pada tanggal 15 April 2023. “Semoga bisa dibuka fungsional 15 April, mudah-mudahan bisa bantu Korlantas atur lalu lintas ke Jateng dari Jabar,” ujarnya.

Namun demikian, ia menyebutkan, baru ada dua lajur yang dibuka karena masih ada beberapa titik yang rawan longsor.

“Masih ada disejumlah titik tanah bergerak sehingga belum bisa digunakan empat lajur, tapi mungkin dua lajur bisa tangani karena sudah diganti dengan jembatan dan dengan timbunan ringan, paling tidak bisa membantu arus mudik menuju arah Cirebon dari kota Bandung,” katanya.

Ia berharap kedepan hambatan-hambatan tersebut bisa diselesaikan dengan baik, pasalnya, jalur tol ini juga akan membantu menghubungkan tol Cileunyi dengan Cipali.

“Kami berharap hambatan-hambatan ini bisa cepat selesai dan bisa di bisa di gunakan arus mudik lebaran dengan nyaman dan lancar, tanpa ada kendala apapun,” pungkasnya.(AP)