Ragam

Aneka isi bacang tgl 22 Juni

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

义人的思念带来福气,坏人的名声腐朽。
Yì rén de sīniàn dài lái fúqi, huàirén de míngshēng fǔxiǔ.Kenangan kepada orang benar mendatangkan berkat, tetapi nama orang buruk sifat menjadi busuk.

Ketika mendapat kiriman bacang dari Bapak Julius Rifay Tanza Tokoh Tionghoa Bandung, saya di sadarkan adanya perayaan sembahyang bacang. Pada tgl 22 Juni 2023 masyarakat tionghoa memperingati sembahyang bacang yaitu peringatan pengorbanan Qu Yuan penyair Tiongkok China. Qu Yuan lahir tahun 339 SM, meninggal 27 Juni 278 SM. adalah penasehat kerajaan Tiongkok China pada masa dinasti Zhou.

Pada masa akhir dinasti Zhou ini negara terpecah belah dan menyisakan 7 negara yang kuat. Kerajaan Qin merupakan kerajaan terkuat dan berencana mengambil 6 kerajaan lainnya. Kut Goan menasihati raja Chu agar berdamai dan bergabung dengan 5 kerajaan lain untuk menghadapi kerajaan Qin yang akan menyerah kerajaan Zhou. Namun nasehat Qu Yuan diabaikan dan tidak di gubris oleh Raja bahkan disingkirkan dan diasingkan.

Hal ini mengakibatkan kerajaan Zhou dikalahkan oleh kerajaan Qin Ketika mendengar kekalahan kerajaan Qin mengakibatkan Qu Yuan sedih dan kecewa membuat dia bunuh diri dan terjun di sungai Miluo pada tanggal 5 bulan 5 penanggalan imlek berdasarkan perhitungan tahun lunar(yaitu tahun berdasarkan peredaran rembulan) tahun 339 SM.

Ketika rakyat mendengar Qu Yuan bunuh diri terjun ke sungai Miluo penduduk setempat menggunakan perahu sampan berlomba lomba mencari jenasahnya Qu Yuan dengan cara melemparkan bacang yang dibungkus daun bambu ma ke sungai mencari jenasahnya Qu Yuan dengan tujuan supaya ikan ikan dan udang udang di sungai Miluo tidak memakan jenasah Qu Yuan. Tetapi tidak ditemukan. Bacang dibuat dari beras dan ketan diisi dengan ayam, jamur, dan telor atau udang, atau ikan.

Pada tanggal 22 Juni 2023, penanggalan imlek tanggal 5 bulan 5 tepat jam 12 siang jika kita meletakkan dan menaruh diatas lantai yang tepat di teriknya sinar matahari maka telor itu akan berdiri.
Kelenteng Talang Cirebon tahun 1950an biasanya umat Kong Hu Cu tgl 5 bulan 5 imlek 2574 yaitu kamis 22 Juni 2023. Tepat jam 12 siang Biasanya mereka mandi menggunakan air sumur di kelenteng talang Cirebon. Di kelenteng talang Cirebon ada sumur yang di keramatkan di halaman kelenteng. Tujuannya menyucikan diri dan membersihkan diri.
Sumur Keramat Kelenteng Talang Cirebon konon dibangun oleh Ma Huan Rombongan Laksmana Cheng Ho yang datang tahun 1415. Dulu Kelenteng Talang Cirebon adalah kantor perwakilan untuk singgah dan perbaikan kapal rombongannya Laksamana Cheng Ho.

Sembahyang bacang disebut juga festival pe cun yaitu lomba perahu sampan. Sebagai peringatan ketika masyarakat tionghoa mencari jasad Qu Yuan di Sungai miluo CHINA.

Bacang adalah makanan khas Tionghoa yang terbuat dari beras atau beras ketan, diisi dengan ayam, jamur dan telor asin dibungkus daun bambu atau daun pandan. Tetapi sekarang berinovasi ada yang diisi tahu, dan udang. Ada juga bacang tidak ada isinya hanya beras ketan disebut dengan kwee cang. Daun pandan dapat digunakan pembungkus bacang karena aromanya lebih wangi