Pendidikan

PENERIMAAN SISWA BARU DI SMPN II PAMULIHAN PERTIMBANGKAN JARAK TINGGAL SISWA KE SEKOLAH

Sumedang, Swara Jabbar Com.-Carut marut penerimaan siswa baru acapkali terjadi di beberapa sekolah. Namum, untuk SMPN II Pamulihan Kabupaten Sumedang, penerimaan siswa baru relatif berjalan tertib. Pasalnya, pihak sekolah terapkan pertimbangan utama jarak tinggal siswa ke sekolah.

Dikataka Asep Saepudin, Kepala SMPN II Pamulihan, siswa baru kelas VII Tahun Ajaran 2023 / 2024 berjumlah 108. Masih kurang 20 siswa lagi untuk capai kuota 128 siswa, ” Bisa saja ada penambahan hingga 20 Agustus nanti. Hanya, pertimbangan kami, tetap pada jarak tinggal siswa ke sekolah, ” katanya.

Pihak sekolah, lanjut Kasek, akan menerima saja siswa dari wilayah jauh, ” Hanya, pihak orang tua harus pertimbangkan untung ruginya. Kasihan, bila siswa yang tinggalnya jauh dari sekolah. Tiap hari harus keluarkan biaya besar. Karena sekolah kita ini letaknya bukan pada jalur angkot, ” ungkapnya.

Dari 108 siswa baru Kelas VII yang telah lakukan registerasi, terang Kasek, mereka kebanyakan tinggal di dekat sekolah. Rekrutmennya berasal dari jalur zona dan jalur tidak mampu. Tidak ada lewat jalur prestasi.

Kasek yang memulai karir gurunya di SMPN II Babelan Bekasi ini membandingkan jumlah siswa baru tahun ini dengan siswa baru tahun sebelumnya. Terjadi sedikit tambahan. Hanya, bila dibanding dengan jumlah kelulusan tahun sekarang. Siswa baru kali ini kurang sedikit.
( Tatang Tarnedi )