Regional

Pengukuhan Serta Pengesahan Reshhffle Ketua DPC IPJI Ciamis Digelar Di Aula Disdik Ciamis

Ciamis.Swara Jabbar Com.-Lepas sambut Ketua DPC Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) Ciamis dan pengesahan reshhffle program eklusif kepengurusan PAW 2020-2025 digelar di Aula Dinas Pendidikan (Disdik) Ciamis, pada Jum’at (11/08/2023).

Ketua IPJI Ciamis Arief Ma’ruf digantikan oleh Muhammad Rifai sebagai Ketua IPJI Ciamis yang baru masa periode 2020-2025.

Sekretaris IPJI Jawa Barat Maksum Hidayat Sag., MM., sangat terpukau dengan kerjasama DPC IPJI Ciamis dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Pengukuhan Serta Pengesahan Reshhffle Ketua DPC IPJI Ciamis Digelar Di Aula Disdik Ciamis.

“Di DPC IPJI lainnya belum mencapai apa yang dilakukan oleh DPC IPJI Ciamis yang sangat luar biasa, semoga DPC IPJI lainnya dapat mengikuti DPC IPJI Ciamis,” Ujarnya.
Maksum menjelaskan, IPJI dalah organisasi profesi yang bukan hanya saja jurnalis saja tetapi ada juga kumpulan penulis buku.

Dalam kesempatan itu, Maksum juga mengucapkan terima kasih kepada Arief Ma’ruf yang sudah mengabdikan dirinya di DPC IPJI Kabupaten Ciamis dan mengucapkan selamat kepada Muhammad Rifai sebagai ketua PAW untuk DPC IPJI Ciamis yang baru.

“Semoga apa yang dilakukan pada hari ini berkah. Terima kasih juga Pemerintah Kabupaten Ciamis yang telah mendukung keberadaan DPC IPJI di Ciamis,” Ucapnya.

Ketua DPC IPJI Ciamis Arief Maruf yang diwakili oleh Sekretaris IPJI Ciamis Heru Pramono mengucapkan terimakasih banyak kepada kawan-kawan jurnalis seperjuangan dan meminta maaf jika selama menjabat Ketua IPJI Ciamis jika masih banyak kesalahan

“Saya berharap kita tetap bisa menjalin silaturahmi. Pergantian dan rotasi untuk perkembangan IPJI Ciamis adalah semata-mata untuk meningkatkan kinerja,” Katanya.

Ketua IPJI Kabupaten Ciamis yang baru Muhammad Rifai mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya sebagai ketua IPJI PAW sisa masa bakti 2020-2025

“Saya merasa bangga dan terhormat dengan memimpin IPJI yang begitu berharga bagi rekan-rekan jurnalis yang ada di kepengurusan DPC IPJI Kabupaten Ciamis,” Katanya

“Saya ucapkan terimakasih kepada ketua sebelumnya yaitu pak Arief Ma’ruf yang telah melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan memberikan konstribusi bagi IPJI Ciamis,” Sambungnya.

Rifai menjelaskan sebagai Ketua IPJI yang baru ia menyadari bahwa tanggung jawab yang ia emban menjadi tanggung jawab yang sangat besar karena tugas IPJI bukan hanya mengelola kegiatan internal organisasi, tetapi juga menjadi agen perubahan di lingkungan masyarakat.

“Kita juga berperan penting dalam menciptakan kegiatan positif, membangun kerjasama dengan pihak-pihak terkait dan mengembangkan potensi dari anggota IPJI Ciamis,” Jelasnya.

Rifai menekankan pentingnya solidaritas dan kerjasama diantara anggota IPJI.

“Mari kita bangun semangat kebersamaan, semangat gotong royong, saling mendukung dan saling menginspirasi. Saya yakin dengan kekompakan dan kebersamaan kita mampu mencapai tujuan bersama-sama dan memberikan konstribusi yang signifikan bagi masyarakat Tatar Galuh Kabupaten Ciamis,” Ujarnya.

Selain itu, Rifai juga mengingatkan kepada pihaknya untuk terus meningkatkan kualitas diri melalui pembelajaran dan keterampilan dalam jurnalis. Pihaknya harus berkomitmen untuk selalu belajar mengikuti perkembangan zaman dan berinovasi dalam menjalankan tugas sebagai pengurus organisasi IPJI di Kabupaten Ciamis.

“Saya mengajak kepada pengurus dan anggota IPJI Ciamis agar berperan aktif dalam membantu Pemerintah Kabupaten Ciamis,” Katanya.

Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Ciamis, H Tino Armyanto mengucapkan selamat kepada Muhammad Rifai atas kedudukannya sebagai ketua DPC IPJI Kabupaten Ciamis masa bakti 2020 – 2025.

“Semoga dapat memimpin DPC IPJI Kabupaten Ciamis dengan baik dan sukses,” Ucapnya.

Tino juga mengucapkan terimakasih kepada ketua IPJI Ciamis yang lama yaitu Arief Ma’ruf (Golun) atas konstribusi dan dedikasinya kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis.

“Semoga karirnya ditempat yang baru mendapatkan kemudahan,” Ujarnya.

Tino menjelaskan, bahwa Pers memiliki peran penting sebagai pilar daerah dalam pembangunan dan penyebaran informasi kepada masyarakat luas.

“Kepada para insan Pers khususnya kepada IPJI Kabupaten Ciamis dapat berkolaborasi memberikan informasi dan berita yang benar, nyata dan berimbang serta bekerja secara profesional,” Jelasnya.

“Kita semua tahu dalam 3 tahun terakhir industri Pers mengalami tekanan yang luar biasa beratnya,” Sambungnya.

Tino menuturkan, perubahan peta persaingan media melahirkan berbagai masalah, kemunculan sumber-sumber informasi alternatif lain, merebaknya trend informasi yang semata-mata hanya mengejar nilai viewers, kemudian adanya konten-konten yang mengejar viral, masifnya informasi yang menyesatkan. Sehingga menimbulkan kebingungan dan bahkan perpecahan, dalam kondisi yang penuh tekanan ini media.

“Pers harus secepatnya bertransformasi, semakin inovatif, dan meningkatkan teknologi untuk mengakselerasi pertumbuhan yang sehat, membajinjiri kanal-kanal dengan berita baik dan mencerdaskan serta mengisi konten-konten yang berkualitas yang menjadikan kepercayaan dan integritas sebagai modal untuk mengisi ruang-ruang yang ada,” Tuturnya.

Tino juga menjelaskan, Pers yang merdeka adalah yang mampu memberikan ruang berbagai pandangan dan mengedepankan kehadiran. Namun dengan kebebasan yang dimiliki oleh Pers ada tanggung jawab besar, Pers harus menjungjung tinggi etika jurnalistik, berpegang pada prinsip kebenaran, keseimbangan dan objektivitas.

“Kebebasan Pers dengan menyebarkan informasi palsu atau memprovikasi konflik tetapi sebagai sarana menyebarkan informasi yang bermanfaat dan membangun pemahaman kepada masyarakat,” Jelasnya.

“kedepan saya berharap insan Pers yang ada di Kabupaten Ciamis bisa tetap berjalan dengan harmonis dan bersama-sama memberikan konstribusi dalam membangun Kabupaten Ciamis, bersama kita wujudkan Ciamis yang mantap ekonominya dan sejahtera masyarakatnya,”Tambahnya.(Zenal)