TNI

Mencekam… KST Bidik Dansatgas Mobile Raider 300 Siliwangi Di Gome

Gome Papua.Swara Jabbar Com.-Kelompok Separatis Teroris (KST) di Wilayah Gome kembali beraksi dengan melakukan penembakan kearah Komandan Satuan Tugas Mobile Yonif Raider 300 Siliwangi, Letkol Inf Afri Swandi Ritonga. Tembakan tidak mengenai sasaran tetapi mendarat di ADC Dansatgas a.n Pratu Rizky Ramdani, yang terlindung rompi anti peluru, Selasa (15/08/2023)

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Mobile Yonif Raider 300 Siliwangi Letkol Inf Afri Swandi Ritonga melalui rilis yang disampaikan kepada awak media, Rabu (16/08/2023).

Kejadian bermula ketika Satgas Mobile Yonif Raider 300 Siliwangi akan melakukan kegiatan bakar batu bersama masyarakat wilayah Gome dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023. Kegiatan telah direncanakan dan keperluan logistik sudah disiapkan Dansatgas.

Bakar batu tersebut merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan Satgas untuk membantu masyarakat wilayah Gome. Namun sebelum acara dimulai tepatnya pada pukul 09.25 WIT kelompok KST mengeluarkan tembakan yang mengarah ke Dansatgas Mobile Raider 300 Siliwangi sesaat setelah sampai di Pos.

Satgas Mobille Yonif Raider 300 Siliwangi bersama Satgas Damai Cartenz Polri di Ilaga melakukan pengejaran terhadap KST namun kesulitan untuk memisahkan antara masyarakat dan KST. KST selalu menjadikan masyarakat sekitar wilayah Gome sebagai Tameng hidup dalam setiap aksinya.

Dansatgas memberikan pemahaman kepada masyarat terhadap reaksi yang Satgas berikan untuk mengejar KST. Masyarakat setempat dan anak-anak dijelaskan dengan humanis agar bersama-sama dapat memberikan informasi tentang KST.

Penyisiran dilakukan sampai ke Markas KST Numbuk Telenggen. Saat itulah Pratu Rizky Ramdani terkena tembakan di dada, namun selamat oleh Rompi Baja Anti Peluru yang dipakainya.

Kejadian tersebut diindikasikan sebagai balas dendam KST terhadap Satgas. KST pada (12/08) lalu menembaki anak-anak sekolah yang melaksanakan Latihan Paskibraka di Lapangan Trikora Ilaga. Dansatgas Mobile Yonif Raider 300 Siliwangi melaksanakan pengejaran sampai ke sarang KST yang mengakibatkan satu korban di pihak KST.

KST saat itu membakar Rumah Jaga Tower Televisi di Kota Ilaga dan menembaki Pos Kotis Satgas di Ilaga. KST selanjutnya melakukan pembakaran terhadap honai-honai warga untuk membatasi pandangan prajurit.

Satgas Mobile Yonif Raider 300 Siliwangi hadir di Kabupaten Puncak untuk membantu masyarakat dengan berbagai hal yang positif. Kegiatan bakar batu bersama masyarakat, pengobatan gratis, Pembagian Alkitab serta mengajar anak-anak Sekolah di Pos karena Sekolah mereka dibakar KST. (Pendam III/Siliwangi).