Parlementaria

Sekretariat DPRD Jabar Wujudkan 20 Persen Ruang Terbuka Hijau.

Bandung.Swara Jabbar Com.-Sekretariat DPRD Jabar lakukan langkah ini untuk mewujudkan minimal 20 persen RTH (Ruang Terbuka Hijau) sebagaimana yang disaratkan Permen Agraria/Kepala BPN No14/2022.

Kabagum Sekretariat DPRD Jabar Dr H Dodi Sukmayana SE, MM mengatakan ruang terbuka hijau sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia. Tidak terkecuali bagi insan yang tengah bekerja di gedung-gedung perkantoran dengan beban dan frekwensi kerja yang tinggi.

“Frekuensi kerja di Setwan kan tinggi, harus melayani, harus apa gitu, salah satu cara agar tetap fresh, bisa bekerja dengan nyaman adalah dengan melakukan healing dengan cara sight seeing, menikmati taman terbuka hijau, suara gemericik air, udara yang fresh karena tanaman-tanaman yang hijau dan berbunga,” katanya, Rabu 25 Oktober 2023.

Karena area hijau juga sangat dibutuhkan oleh insan yang tengah bekerja, maka area itu harus diwujudkan, terlebih sudah ada yang mengaturnya melalui peraturan menteri agraria tentang tata ruang. Bahwa setiap organisasi baik privat ataupun public dalam rangka bentuk kepedulian terhadap lingkungan harus menyediakan minimal 20 persen RTH.

“Kalau kita ibaratkan RTH itu di kantor kita (Set DPRD Jabar) yang memiliki 10000 m2 kali 20 persen, itu ada 2.000 m2 itu harus hijau,” sebutnya.

“Kita sepakati, kita akan ikuti Permen Agraria, RTH 20 persen, RTH kita itu, kemarin baru 1.100 meteran lah, masih kurang sekitar 900 an, RTH kita masih kurang,” ungkapnya.

TAMAN HIJAU ASN

Mengingat harga tanaman relatif mahal, dan tidak mungkin juga menggunakan anggaran untuk penghijauan semua. Ini kiatnya.

“Cuma di zaman sekarang yang namanya pohon, tanaman itu tidak gampang, tidak semurah kayak dahulu, relative mahal-mahal, untuk menekan biaya itu, tidak mungkin juga anggaran kita untuk hijau-hijau semua. Kita pakai cara, salah satunya yaitu, Aksi Cinta Hijau, setiap pegawai per dua minggu sekali bawa kembang, nanti kita akan buatkan khusu, Taman hijau ASN,” bebernya.

Calon Guru Besar Universitas Winaya Mukti ini menambahkan, Gedung DPRD Jabar ini punya beberapa space negative.

“Taman hijau ASN itu nanti akan ditempatkan di space negative itu,” ungkapnya.

Yang dimaksud space negative oleh H Dodi ini adalah, titik tempat naik ke atas parkiran sepeda motor. Titik sekitar gardu, dan sebagainya.***