Parlementaria

Sekretariat DPRD Jabar Rencana Bangun Fasilitas Ramah Difabel

Bandung.Swara Jabbar Com.-Rencana Strategis (Renstra) Sekretariat DPDR Provinsi Jawa Barat ke depan adalah menjadikan gedung dewan fasilitas ramah difabel.

Kabagum Sekretariat DPRD Jabar Dr H Dodi Sukmayana SE, MM mengatakan semua warga tidak terkecuali penyandang cacat atau different ability person (difable) punya hak yang sama di mata hukum.

Untuk itulah, fasilitas publik untuk kaum berkebutuhan khusus sengaja dibuat dan dirancang sedemikian rupa agar dapat digunakan oleh difabel.

“Fasilitas ramah difabel itu, juga diupayakan akan dibuat di Gedung DPRD Jabar ini,” katanya Jumat 27 Oktober 2023.

Dodi mengakui, Gedung DPRD Jabar, saat ini belum memiliki fasilitas yang memudahkan kaum difabel untuk memasuki atau menggunakannya.

“Gedung ini, dulu saat di bangun, tampaknya tidak didesign untuk difabel,” ungkapnya.

Untuk itulah, ke depan akan disiapkan juga fasilitas ramah difable di gedung itu, awalnya mungkin hanya akses masuk, setelah itu akan dilanjutkan ke akses-akkses lainnya.

“Saat ini, di empat pintu masuk ke gedung ini masih ada anak tangga, nanti akan disiapkan juga akses untuk mereka (difable),” ungkapnya.

“Contohnya, akan dibuatkan akses agar difable yang berkursi roda bisa masuk,” tambahnya.

Setelah itu, akan diupayakan juga kamar kecil yang ada fasilitas untuk para difable.

“Kamar kecil yang ada besi-besi stainless,” tambahnya.

Kamar kecil untuk difable itu, kata Dodi akan diupayakan ada di setiap lantai.

RUANG LAKTASI

Soal renstra hak anak, hak menyusui ruang bermain anak atau ruang penitipan anak, Dodi yang juga calon guru besar dari Universitas Winaya Mukti mengjelaskan.

“Ya, kita saat ini juga belum punya ruang laktasi untuk menyusui, kalau ada ada ibu menyusui, karena di kita juga, karyawan perempuannya banyak,” katanya.

“Kita juga tidak punya ruang penitipan anak. Itu juga prioritas prioritas yang mungkin bisa kita kerjakan tahun sekarang,” ujarnya.***