TNI

Ketahanan Pangan untuk Indonesia Maju

Karawang.Swara Jabbar Com.-Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko diwakili Kasdam III/Slw Brigjen TNI Agus Saepul mengikuti Panen Raya secara serentak melalui Vicon yang terpusat di Taman Pancasila Desa Wanajaya Kec. Cibitung Kab. Bekasi oleh Wakil Presiden RI dan Panglima TNI yang didampingi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo
dalam rangka Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023, Rabu (01/11/2023).

Forkopimda Jabar mengikuti kegiatan tersebut dari Dusun Panyalinbanyu RT.01 RW. 04 Desa Cadaskertajaya Kec. Talagasari Kab. Karawang dengan dihadiri PJ. Gubernur Jabar yang diwakili Kadis Ketahanan Pangan & Peternakan Prov. Jabar, Kapolda Jabar diwakili Irwasda Polda Jabar, Danrem 063/ SGJ, Asrendam III/Slw, Asintel, Asops dan Aster Kasdam III/Slw, Katopdam, Kapaldam dan Kapendam III/Slw, Bupati Kab. Karawang, Dandim 0604/Karawang, Dandenpom III/3 Cirebon, Wakapolres Karawang, Camat Talagasari, para Kepala Desa Kec. Talagasari dan tamu undangan lainnya beserta 500 orang masyarakat.

Pada Kegiatan Panen Raya dalam rangka Ketahanan Pangan untuk Indonesia Maju tersebut juga dilaksanakan video conference (Vicon) bersama Wapres RI Bapak Ma’ruf Amin dengan dipandu Panglima TNI Laksamana TNI Yudho Margono.

Kesempatan pertama disapa saat Vicon adalah Kodam III/Slw untuk melaporkan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Kodam III/Slw pada program Ketahanan Pangan di wilayah.

Pada kesempatan tersebut Kasdam III/Slw melaporkan kepada Wapres tentang kegiatan Panen Raya di Dusun Panyalinbanyu Kec. Talagasari Kab. Karawang dengan luas lahan 60 hektar, siap panen 2 hektar, jenis padi varietas Inpari 32 dan Ciherang kemudian jumlah Gapoktan ada 4. Sementara di wilayah lain selain padi ada jagung, cabe, singkong, ikan dan buah-buahan.

Wapres pada saat itu bertanya tentang bagaimana hasil dari gerakan ketahanan pangan di Kodam III/Slw secara keseluruhan dan bagaimana masyarakat bekerjasama dengan TNI dalam menggarap sawah atau kebun yang sudah disiapkan oleh TNI bersama masyarakat.

Lebih lanjut Kasdam III/Slw menjelaskan beberapa wilayah yang telah bekerjasama dengan Kodam III/Slw dalam program Ketahanan Pangan. Seperti penanaman padi di Cicalengka, sebelum bekerjasama hasil panen sebanyak 5 ton/hektar kemudian setelah bekerjasama dengan Kodam III/Slw menggunakan sarana teknologi mikroba Bios 44 DC terjadi peningkatan hasil panen sebanyak 7,2 ton dan pada panen raya kedua saat musim kemarau panjang menghasikan padi sebanyak 9,5 Ton per hektar. Sedangkan di daerah Karawang naik hasil panen menjadi 7-8 ton/hektar sementara ditempat lainnya ada yang mencapai 10 ton/Hektar. Hal tersebut bisa berhasil setelah menggunakan teknologi mikroba Bios 44 DC.

Seusai Vicon, Kasdam beserta rombongan melaksanakan panen raya di lahan sawah seluas 2 Hektar dilanjutkan kegiatan bakti sosial dengan memberikan paket sembako kepada masyarakat di Dusun Panyalinbanyu.

Terakhir kepada awak media Kasdam III/Slw menjelaskan lebih lanjut tentang hal-hal teknis yang telah dilakukan oleh Pangdam III/Slw dalam program Ketahanan Pangan di Jabar dan Banten. Dimana setiap satuan kewilayahan jajaran Kodam III/Slw terlebih dahulu mendata lahan yang akan di sulap menjadi lahan produktif. Selanjutnya berkonsultasi dengan Dinas Pertanian maupun dengan Universitas setempat untuk mengetahui jenis tanaman apa yang cocok pada lahan tersebut. (Pendam III/Siliwangi).