Pemerintahan

Pj.Walikota Cimahi Saksikan Kerjasama Kelompok Tani Tri Cipta Cimenyan, Kabupaten Bandung dan Paguyuban Pedagang Pasar Cimindi

Cimahi.Swara Jabbar Com.-Penjabat (Pj.) Wali Kota Cimahi Dicky Saromi didampingi oleh Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Cimahi, Hella Haerani, dan Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi, Tita Mariam, secara spontan hadir di Pasar Cimindi Kota Cimahi, untuk menyaksikan serah terima bawang merah dan cabe rawit merah dari Kelompok Tani Tri Cipta Cimenyan, Kabupaten Bandung kepada Paguyuban Pedagang Pasar Cimindi Kota Cimahi pada Senin (11/12/2023).

Pada kesempatan itu, Kelompok Tani Tri Cipta yang diwakili oleh Bapak Ujang dan Bapak Acep, telah menyerahkan bawang merah sebanyak 500 kg, menyusul sebelumnya juga telah dilakukan transaksi cabe rawit merah (cengek domba) sebanyak 230 kg kepada Paguyuban Pedagang Pasar Cimindi.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Cimindi Asep “Jepri” Rohendi mengatakan bahwa kerjasama ini sangat menguntungkan baik bagi pedagang maupun bagi Masyarakat di Kota Cimahi “harga yang ditawarkan oleh Tri Cipta berada di bawah harga pasar induk, sehingga pihaknya tertarik untuk bekerjasama dengan Tri Cipta, tidak hanya untuk cabe dan bawang, ke depannya sangat mungkin juga berkembang ke komoditas lainnya, seperti sayur-sayuran” Ucapnya.

Lebih lanjut Jepri menjelaskan bahwa komoditas yang dihasilkan di Cimenyan memiliki kualitas yang bagus dan bisa bersaing dengan produsen lain. Perwakilan dari Tri Cipta, Ujang, menyampaikan bahwa mereka memiliki kebun di daerah dataran tinggi, sehigga komoditas yang dihasilkannya juga adalah komoditas-komoditas khas dataran tinggi.

Sementara Penjabat (Pj.) Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi mengaku gembira bahwa dengan terjalinnya Kerjasama antara Kelompok Tani Tri Cipta dengan Paguyuban pedagang Pasar Cimindi.

“Alhamdulillah, kerjasama antar daerah antara Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung hari ini terealisasi, berupa pengiriman komoditi pertanian yang ada di Kabupaten Bandung, khususnya di Cimenyan sekarang sudah masuk di Pasar Kota Cimahi, yaitu bawang dan cabe-cabean. Semoga komoditi ini nantinya akan ikut mengatasi dan mengendalikan inflasi, dan lebih dari itu komoditi ini dapat dijual dengan harga yang wajar kepada masyarakat Kota Cimahi” tandasnya.

Kerjasama antar daerah ini juga didukung oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, yang memberikan Fasilitasi Distribusi Pangan sebesar Rp 2.000 per kilogram, yang diutamakan untuk komoditas yang sedang menjadi sorotan di pasaran.

(Bidang IKPS)