Parlementaria

Sari Sundari : Pansus VII Dorong Pemerintah Kabupaten dan Provinsi Perhatikan Wisata Religi Makam Syech Quro.

Karawang.Swara Jabbar Com.- Pimpinan dan Anggota Panitia Khusus (Pansus) VII DPRD Provinsi Jawa Barat melaksanakan kunjungann kerja ke Tempat Wisata Religi Makam Syech Quro di Kabupaten Karawang.Selasa (9/1/2024).

Syekh Quro adalah salah satu ulama penyebar agama Islam pertama di tanah Sunda.Nama aslinya adalah Syekh Hasanuddin atau Syekh Qurotul Ain atau Syekh Mursahadatillah. Makam Syekh Quro terletak di Pulo Bata, Desa Pulokalapa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Dalam sejarahnya diceritakan awal mula penyebaran Islam di Karawang bermula ketika Syekh Quro mendirikan Pondok Pesantren yang bernama Pondok Quro, yang memiliki arti tempat untuk belajar Alquran pada tahun 1418 M atau 1340 Saka.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sari Sundari Asal Daerah Pemilihan Jabar II (Kabupaten Bandung) mengatakan Makam Syech Quro ini adalah tempat wisata religi yang sangat diminati oleh masyarakat baik dari dalam maupun luar kabupaten karawang, apalagi bila ada acara dari makam syech quro, masyarakat yang datang dari seluruh indonesia karena area pemakaman ini selain ada makan Syech Quro juga ada makam Syech Bentong.Pemakaman Syekh Quro yang menjadi daya tarik untuk wisatawan datang.

Perlu diketahui makam Syekh Quro dikelola langsung oleh pemerintah Desa melalui aset desa. Hingga kini, wisata religi tersebut belum diambil alih oleh pemerintah Kabupaten maupun Provinsi sehingga tidak bisa mendapatkan bantuan. “Pemakaman Syekh Quro merupakan aset desa dan hingga saat ini belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah karena memang belum ada kerjasama langsung antara pengelola dengan pemerintah walaupun sudah beberapa kali meminta bantuan kepada pemerintah , khususnya pemerintah provinsi “Ujar Sari Sundari.

Lebih jauh, Sari Sundari meminta pemerintah Provinsi Jawa Barat perhatikan wisata religi Makam Syekh Quro di Kabupaten Karawang. Pasalnya makam keramat tersebut memiliki daya tarik yang sangat diminati oleh masyarakat dari berbagai daerah.

Melalui kunjungan kerja tersebut, Pansus VII berharap pengelolaan pemakaman Syekh Quro bisa di tindak lanjuti agar segera mendapatkan bantuan, baik dari pemerintah Kabupaten Karawang maupun Pemerintah Provinsi Jawa Barat Pungkas Sari Sundari (AP)