Regional

Pandangan Anda Mempengaruhi Perasaan Anda (Yin dan Yang)

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

Ada ajaran filosofi yang bagus dan dipercaya warga Tionghoa yaitu Yin dan Yang.
Yin dan Yang mempengaruhi jiwa dan kesehatan seseorang, kita harus dapat seimbangkan itu dalam jiwa kita.
Pandangan kita dapat mempengaruhi perasaan kita.

Apa yang di lihat oleh mata dan di dengar oleh telinga akan menguasai jiwa kita. Jika kita selalu berdekatan dan hidup berdampingan dengan energi yang negative maka jiwa kita akan dikuasai oleh energi negatif dan akan berpengaruh pada tingkah laku dan kebiasaan hidup kita. Emosi, amarah, keserakahan, pikiran porno, dendam dan kebencian itu adalah Energi negatif yang ada dalam jiwa kita. karena sakit hati mengidaplah mataku, membuat merana jiwa dan tubuh. Hati yang sakit membuat kabur pandangan jiwa. Tidak bisa hidup damai.

Ada pepatah 水映脸,人心映人。
Shuǐ yìng liǎn, rénxīn yìng rén. Artinya Seperti air mencerminkan wajah, demikianlah hati manusia mencerminkan manusia itu.

Jadi hati dapat mencerminkan kepribadian manusia itu sendiri. Hidup mengikuti Watak Sejati itulah dinamai jalan Suci. Kekuatiran dalam hati membungkukkan orang, tetapi perkataan yang baik menggembirakan dia. Hati orang berpengertian mencari pengetahuan, tetapi mulut orang bebal sibuk dengan kebodohan.Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat. Hati harus sehat supaya tubuh kita sehat.

Kong Hu Cu berkata Seorang yang hanya mengejar keuntungan saja, niscaya banyak yang menyesalkan.Tipu daya ada di dalam hati orang yang merencanakan kejahatan, tetapi orang yang menasihatkan kesejahteraan mendapat sukacita. Tetapi orang-orang yang rendah hati akan mewarisi negeri dan bergembira karena kesejahteraan yang berlimpah-limpah.Manusia penuh cinta kasih adalah manusia sempurna yang memiliki keseluruhan sifat manusia unggulan dan pengejawantahan kemanusiaan. Proses merawat dimulai dengan mengolah diri sendiri untuk melengkapi apa yang di harapkan dengan pengetahuan moral yang baik