Parlementaria

Komisi V DPRD Jabar Gelar Audensi Tindak Lanjut Pendirian Unit Sekolah Baru (USB) SMAN Pondok Salam Purwakarta.

Kab Purwakarta.Swara Jabbar Com.-Pimpinan dan Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat melaksanakan Kunjungan Kerja dalam rangka mendapat informasi terkait Persiapan Pendirian Sekolah SMA Negeri Pondok Salam di Kabupaten Purwakarta pada Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Jawa Barat dan Evaluasi Program dan Kegiatan Tahun 2023.Selasa (13/2/2024).

Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hj.Sari Sundari turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut.

Adapun agenda untamanya adalah bersama dengan Kadisdik Jabar, KCD Wilayah IV berkunjung ke Pj Bupati Purwakarta, yaitu membahas tentang persiapan lahan hibah oleh Pemkab Purwakarta untuk pembangunan SMAN Pondoksalam.

Seperti diberitakan sebelumnya, SMKN 1 Darangdan, Purwakarta secara fisik telah selesai dibangun yang yang dananya bersumber dari DAK Tahun Anggaran (TA) 2023 senilai Rp 5,1 miliar.

Namun beberapa waktu lalu, SMKN 1 Darangdan dikabarkan sempat mengalami retak akibat longsor tebing bagian samping ruang kelas, hal itu diduga akibat tidak adanya TPT.

Menurut dia, berkaitan dengan perencanaan SMAN Pondoksalam bukan saja harus memikirkan persoalan persiapan membangun gedung sekolah saja, namun harus mempertimbangkan/mempersiapkan lahan secara matang.

“Ya, meskipun Pemkab Purwakarta berencana akan menghibahkan lahan yang kurang lebih 10 ribu meter persegi (M2) di Pondoksalam, tapi tetap persiapannya harus matang,” ujarnya.

Kemudian, ia menambahkan bahwa pertemuan pihaknya dengan Pj Bupati sebatas menekankan agar Pemkab Purwakarta segera menerbitkan surat penunjukan terkait lahan yang akan dihibahkan, untuk pembangunan SMAN Pondoksalam.

Kadisdik Jabar Wahyu Mijaya menuturkan Dari beberapa prioritas tersebut, pertama kami siapkan dulu pergub untuk pendirian USB-nya, kemudian kita siapkan DED hingga penyediaan guru dan tata usahanya. Agar pada saatnya nanti, kami sudah siap dengan berbagai fasilitas yang sudah direncanakan,” tutur Kadisdik.

Senada, Komisi V DPRD Jabar dan Pj. Bupati Purwakarta, Benni Irwan pun mengapresiasi dan sangat mendukung pendirian USB SMAN Pondok Salam, Purwakarta.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang PSMA Disdik Jabar, Awan Suparwana, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV, Budi Hermawan serta tamu undangan lainnya.(AP)