Pemerintahan

Diguyur Hujan, Warga Jabar Tetap Antusias Mencoblos

Bandung.Swara Jabbar Com.-Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menggunakan hak pilihnya di TPS 15, Jalan Cianjur, Kelurahan Kacapiring, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Rabu (14/2/2024).

Rintik hujan ditambah embusan angin dingin khas Kota Bandung, mengiringi Bey dan warga lainnya melaksanakan pencoblosan pada Pemilu 2024.

Bey dan ibunda, Betty Machmudin mencoblos hari ini di TPS yang berbeda, yakni di TPS 13, Jalan Garut.

Penjabat Gubernur Jabar ini pun antre bersama warga lainnya sesuai nomor urut yang sudah didapat.

“Saya sudah melaksanakan hak saya sebagai warga negara menggunakan hak pilih saya,” ungkap Bey Machmudin usai mencoblos.

“Dekat sini itu rumah orangtua saya, jadi saya milihnya dekat. Tadi pagi saya pikir bisa satu TPS dengan orangtua saya, ternyata ibu saya di TPS yang di Jalan Garut, sedangkan saya di sini (Jalan Cianjur),” tambah Bey sambil menunjukkan kelingkingnya yang sudah tercelup tinta biru.

“Saya dapat nomor 77, nyalip nggak enak, tapi prosesnya juga cepat. Saya ingin tahu juga proses menunggu dan lainnya,” imbuh Bey.

Ia pun tak lupa berpesan kepada warga Jabar supaya menggunakan hak pilihnya. Pencoblosan harus dilakukan secara sah sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan.

Pemilih cerdas

Bey berpesan pula supaya warga Jabar menjadi pemilih yang cerdas, yang paham dan yakin akan pilihannya sebelum datang ke TPS.

Sehingga mereka tidak perlu buang-buang waktu lama di balik bilik suara karena masih kebingungan untuk memilih.

“(Warga Jabar) silakan gunakan hak pilihnya dan coblos secara sah, jangan sampai sudah jauh-jauh coblosnya tidak sah. Jadi pemilih cerdas, yang memahami mana yang akan dipilih, jangan sampai setengah jam di bilik suara,” ucap Bey.

“Tadi ibu saya juga buka (surat suara), ini pilih yang mana karena beliau sudah sepuh. Jadi yang milenial, yang muda-muda segera tentukan pilihan atau minimal cari-cari informasi dulu karena banyak sekali pilihan,” katanya.

Setelah mencoblos, Bey bersama jajaran Forkopimda Jabar memantau TPS lainnya yang tengah melaksanakan proses pemungutan suara.

Sejumlah TPS yang dikunjungi Bey Machmudin antara lain TPS Khusus Rumah Tahanan Negara Kelas 1 Kebon Waru Bandung.

Lalu TPS 09 dan 10 di Jalan Cicendo, Kota Bandung hingga TPS khusus di Rumah Sakit Santosa, Kota Bandung.

Di samping itu, Bey juga mengungkapkan, warga Jabar antusias menggunakan hak pilihnya. Ini berdasarkan laporan yang diterimanya dari bupati/wali kota se-Jabar.

Banyak wilayah di Jabar diguyur hujan sejak Selasa (13/2) malam, warga tetap antusias berbondong-bondong ke TPS menggunakan hak pilihnya.

“Saya ada grup bupati/wali kota se-Jabar hampir seluruh wilayah hujan, tapi warga tetap antusias meski datangnya agak terlambat karena hujan dari subuh atau dari malam,” ujar Bey.