Ekonomi

Ngohiong

Bogor.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

多样性丰富文化和生活
Duōyàng xìng fēngfù wénhuà hé shēnghuó artinya keanekaragaman memperkaya budaya dan kehidupan
Bogor terkenal sebagai kota hujan, memiliki alam pemandangan yang indah permai banyak wisatawan berkunjung ke sana, udaranya sejuk.

Bogor juga terkenal aneka kulinernya mulai dari Laksa Bogor berbeda dari laksa betawi dan cibinong. Laksa bogor menggunakan tambahan oncom merah dan parutan kelapa yang membuat kuahnya kental. Kuah Laksa Bogor terbuat dari santan kelapa yang kaya dengan rempah-rempah seperti serai, lengkuas, daun jeruk, dan kunyit, kemudian ada roti until di Pajajaran Bogor. Kemudian ada juga Es Pala dan Toge Goreng, Ada juga Soto Bogor “Makanan ini mempunyai cita rasa yang pedas gurih, cocok dinimati saat hujan.

Makanan khas Bogor yang terkenal kaya akan rempahnya ini memang nampak seperti soto. Kuliner ini akan lebih nikmat jika disajikan dengan potongan ketupat, tauge rebus, suwiran ayam, tahu kuning, oncom, daun kemangi, dan potongan telur rebus sebagai toppingnya”
Di Bogor ada Ngohiong, akulturasi kuliner. Makanan ini disebut gohyong atau ngohiong, karena menggunakan ngohiong (five-spice) yang banyak digunakan dalam masakan China. Gohyong umumnya dibuat dari campuran daging babi, ayam, atau udang. “bumbu ngohiong terbuat dari cengkeh, adas, kayu manis, dan adas bintang. Rempah khas China yang satu ini dipercaya memiliki filosofi keseimbangan antara yin dan yang.

Pada masakan china, bumbu ini biasanya paling sering digunakan untuk membumbui daging, ikan, dan hidangan unggas yang direbus atau dipanggang. “Pada masakan china, bumbu ini biasanya paling sering digunakan untuk membumbui daging, ikan, dan hidangan unggas yang direbus atau dipanggang. “Umumnya bumbu ngohiong di China, terbuat dari merica asal Sichuan, cengkeh, adas, kayu manis, dan adas bintang.

Tidak jarak bumbu ngohiong juga dapat mencakup biji adas manis, akar jahe, pala, kunyit, kapulaga, polong amomum villosum (tumbuhannya mirip jahe, dan buahnya mirip dengan kapulaga), licorice (akar manis) kulit jeruk, atau lengkuas. “Sementara di China bagian selatan, bubuk ngohiong menggunakan kayu manis Saigon dan kulit jeruk untuk menggantikan kayu manis dan cengkeh. Rempah-rempah ini mengundang selera makan