Ekonomi

Asal Usul Gang Luna Pecinan Bandung

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

不忘历史,以史为鉴。因为过去的历史是未来生活的指南针
Bù wàng lìshǐ, yǐshǐwèijiàn. Yīn wéi guòqù de lìshǐ shì wèilái shēnghuó de zhǐnánzhēn Artinya jangan lupakan sejarah, belajar dari sejarah masa lalu. karena sejarah masa lalu adalah Kompas kehidupan masa depan.

Sudahkah kita tahu asal usul Gang Luna Jalan Jenderal Sudirman Bandung, Di sekitar Jalan Sudirman kota Bandung ada gang namanya Luna sebetulnya dulu adalah rumahnya Yap Loen letaknya sekarang antara Gang Luna Sudirman Bandung. Dulu sebetulnya Gang Luna berasal dari nama Lun An yaitu gabungan nama 2 pengusaha Tionghoa yang menjadi Developer di Kota Bandung yaitu Yap Lun dan Kok An memiliki tempat usaha kantor Developer sekitar Jalan Waringin, Pasar Andir, kemudian daerah tersebut berkembang menjadi kompleks Yap Lun atau Yaploen Straat, Yaploen Plein, Perusahaan Pengembangnya menggunakan nama Jap Loen & Co, dan NV Bow Mij Tjoan Seng,, jaman dulunya terdapat 130 ruko satu lantai berarsitektur khas Tionghoa.

Yap Lun bisnisnya dimulai sebagai pedagang kain keliling. Yap Lun menjadi kaya raya ketika pecah Perang Dunia ke-1 (1914-1918). Ia kaya karena usaha impor kain dalam jumlah besar dari Jepang pada saat Eropa berperang. Sehingga Eropa tidak mampu menyuplai barang ke Hindia Belanda, akhirnya Yap Loen memiliki 2 usaha yaitu Tekstil dan Properti. Kompleks yang dulunya dibangun Yap Loen saat ini lebih dikenal dengan Jalan Ikan Asin di Pasar Andir Kota Bandung. Dinamakan Jalan Ikan Asin karena daerah tersebut ada jalan yang dinamakan dengan nama Jalan Kakap, Jalan Teri, Jalan Gabus dan Jalan Pepetek. Daerah Pasar Andir dulu di Bangun Oleh Yap Loen Konglomerat Bandung.