Parlementaria

Sari Sundari Mendorong Digitalisasi UMKM Kaum Perempuan

Kab Bandung.Swara Jabbar Com.-Pengertian UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro.

Digitalisasi saat ini sudah merambah ke hampir seluruh bidang  kehidupan termasuk UMKM. Itulah mengapa, kegiatan UMKM saat ini tidak bisa lepas dari dunia dan perangkat digital baik dalam proses perencanaan bisnis, pembuatan produk, pemasaran maupun manajemen UMKM itu sendiri. Hal tersebut juga berlaku untuk UMKM milik perempuan,  UMKM yang ada dan berkontribusi signifikan pada resiliensi perekonomian secara Nasional. hal ini dikatakan Anggota DPRD Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sari Sundari.
Lebih jauh, Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dari Dapil Jabar II (Kabupaten Bandung) Sari Sundari menuturkan UMKM memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia karena memberikan sumbangan signifikan khususnya dalam pembentukan produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja. UMKM juga dipercaya memiliki ketahanan ekonomi yang tinggi sehingga dapat menjadi penopang bagi stabilitas sistem keuangan dan perekonomian.
Terlepas dari kuatnya peran UMKM milik perempuan dalam perekonomian nasional dan besarnya jumlah unit usaha yang dijalankan, UMKM milik perempuan masih menghadapi kendala penguatan dan pengembangan bisnis yang pada akhirnya berimbas pada stagnasi level UMKM dan bahkan ancaman gulung tikar. Salah satu tantangan UMKM milik perempuan adalah kekurangmampuan usaha ini melakukan penetrasi dan eksis di pasar berbasis digital yang saat ini mengalami trend yang meningkat ujar Sari Sundari.

 

Sari Sundari memandang UMKM perempuan dan berdayanya perempuan di bidang ekonomi merupakan pintu masuk bagi keberdayaan perempuan di sektor-sektor yang lain. UMKM perempuan harus didorong agar semakin kuat dari sisi manajemen dan bisnisnya serta dari sisi sumbangsihnya dalam penyelesaian masalah-masalah perempuang yang ada Pungkasnya.(AP)