Parlementaria

Nia Purnakania Melakukan Pemantauan Arus Mudik di Kadunggora Garut.

Mudik jadi tradisi masyarakat Indonesia untuk Lebaran bersama saudara di Kampung halaman.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hj. Nia Purnakania, SH., M.Kn. melakukan pemantauan arus mudik di Kadungngora, Garut, Kamis 4 April 2024.

“Hari ini kami memantau arus mudik di Garut. Nampak Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat dan Kepolisian sudah siap menyambut arus mudik Lebaran,” sebut Nia.

Legislator PDI Perjuangan ini juga menyebut bahwa dari hasil pantauan, belum nampak lonjakan arus mudik.

“Kondisi lalu lintas masih lancar seperti hari biasa. Diperkirakan arus mudik akan mulai terjadi Jumat malam atau Sabtu pagi,” terangnya.

Di samping itu, Nia juga mengingatkan para pemudik untuk selalu berhati-hati dan mematuhi rambu lalu lintas yang ada guna keselamatan bersama.

“Saya menghimbau para pemudik untuk tetap waspada. Berkendaralah dengan kecepatan normal dan selalu tertib berlalu lintas,” imbuh Nia.

“Untuk pengendara motor, diharap tidak membawa penumpang dan barang bawaan melebihi kapasitas yang seharusnya. Selalu menggunakan helm, terutama juga bagi anak-anak,” sambung Wakil Bendahara DPD PDI Perjuangan Jawa Barat.

Nia juga mendorong para penyedia kendaraan umum untuk memastikan kendaraannya layak dipakai dalam arus mudik kali ini.

“Demi keselamatan dan kenyamanan bersama, saya menghimbau penyedia jasa angkutan umum untuk dapat memastikan kondisi kendaraannya fit dan aman untuk digunakan. Hal ini penting guna memberikan rasa aman dan memastikan keselamatan para penumpang sampai ke tempat tujuan,” tegas Nia.

Berkendaran yang aman dan nyaman jadi satu hal penting saat mudik ataupun berlibur pada setiap moment libur panjang.Tentunya, merencanakan liburan sekaligus memastikan keamanan transportasi memadai, menjadi pilihan yang tepat agar liburan berjalan nyaman.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat mudik Lebaran yaitu Pastikan mudik dalam kondisi badan sehat, prima, dan cukup tidur, Lakukan istirahat setiap 4 jam perjalanan, Mempersiapkan bekal makanan dan minuman yang cukup Mempersiapkan obat-obatan dan kotak P3K, Jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan selama perjalanan dengan cuci tangan atau pakai hand sanitizer, Manfaatkan pos kesehatan yang tersedia pada titik arus mudik dan Manfaatkan rest area untuk beristirahat. (AP)