Pemerintahan

Pj. WALI KOTA CIMAHI LEPAS PESERTA MUDIK GRATIS 1445 H/2024

Cimahi.Swara Jabbar Com.-Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dicky Saromi didampingi Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan melepas rombongan pesesrta Mudik Gratis Lebaran Tahun 1445 Hijriah/2024 yang diprakarsai oleh Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Sabtu (06/04). Pelepasan peserta Mudik Gratis dilakukan di selasar Gedung B Kantor Pemerintahan Kota Cimahi.

Peserta Mudik Gratis Lebaran tahun 2024 atau 1445 H ini adalah sebanyak 465 orang yang terbagi  dalam 2 jalur yaitu Jalur Utara jurusan Cimahi – Semarang –Cirebon sebanyak satu bus dengan jumlah  penumpang 50 orang dewasa dan 12 orang anak balita, dan Jalur Selatan Jurusan Cimahi – Solo via  Yogyakarta sebanyak tujuh bus dengan jumlah  penumpang 403 orang. Peserta Mudik Gratis Lebaran 1445 H ini adalah masyarakat Kota Cimahi yang sudah terdaftar melalui Dinas Perhubungan Kota Cimahi dan sebelumnya belum pernah mengikuti program Mudik Gratis dari Pemerintah Daerah Kota Cimahi.

Dalam sambutannya Dicky menyampaikan bahwa program Mudik Gratis Lebaran ini merupakan program rutin tahunan Pemerintah Daerah Kota Cimahi, “Tahun ini merupakan tahun ke-5 (lima) penyelenggaraan angkutan mudik gratis bagi masyarakat Kota Cimahi yang diinisiasi oleh dinas perhubungan Kota Cimahi,” ungkapnya.

Ia menyebutkan program ini diselenggarakan untuk membantu masyarakat Kota Cimahi yang akan mudik dengan lancar, selamat  serta  meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas.

“Kegiatan Mudik Gatis ini selain sebagai bentuk kepedulian pemerintah bagi masyarakatnya, yang kedua adalah untuk memudahkan pengaturan sehingga mudik gratis bersifat kolektif, yang ketiga untuk mengurangi penggunaan kendaran pribadi sehingga diharapkan dapat mengurangi kemacetan, keempat untuk meminimalisir resiko kecelakaan lalu lintas karena baik moda kendaraan yang digunakan juga supirnya sudah dicek dan dipastikan dalam kondisi yang baik, kelima untuk membahagiaakan masyarakat melalui mudik yang aman dan nyaman,” tutur Dicky.

Dicky menghimbau para pemudik agar selalu waspada selama di dalam perjalanan mudik serta selalu menjaga kondisi fisik selama perjalanan, sedangkan untuk supir dan awak kendaraan Dicky berpesan untuk menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas dengan menjadi pengendara bijak yang mematuhi peraturan lalu lintas, “Jangan mengemudikan kendaraan dengan ugal-ugalan karena saudara membawa nyawa manusia. Beristirahatlah apabila sudah merasa lelah dan ngantuk, jangan memaksakan untuk terus berkendara!” tegasnya.

Terakhir, Dicky berpesan pada para pemudik untuk tidak membawa serta sanak saudara atau kerabatnya dari kampong halaman ke Kota Cimahi, “Jadi kita sedang menghadapi pengaturan kependudukan melalui database kependudukan sehingga dengan adanya penambahan penduduk yang bukan penduduk Kota Cimahi akan menimbulkan kesulitan dalam pendataan juga beresiko menambah tingkat pengangguran di Kota Cimahi.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ruswanto mengungkapkan bahwa tujuan dari diselenggarakannya program Mudik Gratis adalah untuk mengurangi tingkat penggunaan kendaraan pribadi terutama kendaraan roda dua serta mengurangi beban keuangan masyarakat khususnya di Kota Cimahi pada saat mudik hari raya Idul Fitri 1445 H / 2024.

Ia berharap Mudik Gratis akan terus diselenggarakan dengan kuota peserta yang terus bertambah setiap tahunnya, “Semoga seluruh peserta Mudik Lebaran kali ini dapat merasakan manfaatnya dan semoga untuk ke depannya kita dapat menyediakan kuota lebih banyak lagi,” harapnya. (Bidang IKPS)