Parlementaria

FPPI Jawa Barat Beserta YPKI Menggelar Sosialisasi Penyakit Kanker dan Tumor .

Bandung.Swara Jabbar Com.-Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia Jawa Barat (FPPI ) Provinsi Jawa  Barat yang diketuai Dra Hj Tia Fitriani dan juga selaku Anggota DPRD Jawa Barat dari Partai NasDem bekerjasama dengan Yayasan Pemerhati Kanker Indonesia (YPKI) yang difasilitasi juga oleh DPRD Jawa Barat menggelar Sosialisasi kanker yang bertempat di Rooftop Gedung DPRD Jabar Jl. Diponegoro No.27 Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/5/2024).

Sosialisasi ini dengan tema “Mengenali faktor resiko dan gejala dini kanker dan tumor” dihadiri para anggota FPPI , Pegawai, dan staf yang ad di lingkungan DPRD Jabar.

Adapun yang menyampaikan sosialisasi adalah Dr Evi Novitasari sebagai Moderator dari FPPI, Diah Eka Susilawati, SE. narasumber yang pernah berjuang melawan kanker, dan Afina Putri Indriani, A.Md.Keb konsultan kesehatan dari YPKI.

Dalam sambutannya Ketua FPPI Jawa Barat  Tia Fitriani Mengatakan”, Mudah mudahan kita semua yang hadir disini dalam keadaan sehat walafiat, Ini adalah pertama kalinya FPPI bekerjasama dengan YPKI yang difasilitasi oleh DPRD Jabar dalam sosialisasi Kangker dan tumor, mudah mudahan dengan kegiatan sosialisasi ini kita semua mendapatkan pencerahan atas kangker dan tumor”,tuturnya.

Sosialisasi tersebut bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat sedini mungkin secara langsung tentang pengertian kanker, mengenali secara dini gejala kanker rahim dan kanker payudaran, kangker prostat serta memberi informasi cara sehat dan hemat untuk menghindari kanker.

Adapun Materi sosialisi yang disampaikan mencakup beberapa perihal penting seputar Kanker dan Tumor, antara lain : Apakah itu Kanker dan Tumor?, Faktor pemicu terjadinya Kanker dan Tumor, Mengenali dan mendeteksi gejala awal Kanker Prostat, Kanker Rahim (Kanker Serviks, Kanker Endometrium dan Kanker Ovarium), Mengenali dan mendeteksi gejala awal Kanker Payudara dan Cara sehat dan hemat menghindari Kanker dan Tumor.

Faktor-faktor pemicu kanker yang disampaikan pada kesempatan ini antara lain genetik atau keturunan, kimia atau fisika seperti asap pabrik dan penggunaan handphone yang tidak tepat, makanan dan minuman yang mengandung zat carsinogen (pengawet), cara pengolahan dan penyajian makanan yang salah misalanya penggunaan minyak goreng bekas secara berulang. Kiat-kiat penting untuk mencegah kanker diantaranya dengan menjalani hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat, menghindari minuman alkohol dan merokok.

Cara pencegahan kanker dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, pencegahan dari luar seperti melakukan pola makan yang sehat, mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi, menghindari makanan yang berlemak tinggi, menghindari makanan yang mengandung carsinogen (pengawet) dan melakukan olahraga secara teratur. Kedua, pencegahan dari dalam yang dapat dilakukan dengan melakukan suntik imunisasi kekebalan tubuh dan mengkonsumsi tumbuhan alami yang mengandung zat anti kanker seperti buah sirsak, Keladi Tikus dan Jahe Putih.

Kegiatan ini juga diselingi dengan sesi tanya jawab seputar Kanker dan Tumor serta peragaan cara mendeteksi secara mandiri dirumah untuk Kanker Prostat dan Kanker Payudara. Dengan diadakannya kegiatan Sosialisasi Kanker dan Tumor oleh YPKI diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan para peserta sosialisasi sehingga dapat menerapkan gaya hidup sehat dan terhindar dari Kanker dan Tumor. (die)