Pemerintahan

Peluncuran Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cimahi 2024, Menuju Pilkada Kota Cimahi Yang Demokratis

Cimahi.Swara Jabbar Com.-Bertempat di Cimahi Convention Centre Jl. Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi, Sabtu 8 Juni 2024, KPU Kota Cimahi menggelar Peluncuran Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cimahi. Hal ini merupakan rangkaian agenda KPU Kota Cimahi dalam kaitan dengan Pilkada Kota Cimahi yang akan berlangsung serentak pada 27 November 2024. Pada acara ini hadir selain Pj Walikota Cimahi dan Ketua KPU Kota Cimahi juga hadir jajaran Forkopinda Kota Cimahi, unsur Parpol dan unsur elemen masyarakat seperti kalangan RW dan kalangan LSM.

Pada kesempatan itu, PJ Walikota Cimahi Dicky Saromi mengatakan seluruh elemen masyarakat dan semua pihak terkait diharapkan untuk mengawal pelaksanaan pilkada Kota Cimahi agar berlangsung damai, jujur dan tanpa tekanan dan intimidasi.

Dicky berharap pilkada Kota Cimahi akan menghasilkan pemimpin yang bisa meneruskan pembangunan kota dengan tidak mengganti konsep pembangunan agar kesinambungan pembangunan terus berjalan. Dengan demikian Kota Cimahi akan terus diperhitungkan dan sejajar dengan kabupaten/kota di Indonesia dan membawa masyarakat ke arah hidup lebih sejahtera lagi.

Dalam kaitan dengan peran KPU, Dicky mengatakan “Tegaknya demokrasi merupakan salah satu kunci suksesnya Pilwakot Cimahi 2024. Untuk itu dalam pelaksanaannya KPU Kota Cimahi memiliki peran penting dan bertanggung jawab dari seluruh proses. Karena itu KPU harus bekerja dengan cermat, akurat dan profesional demi tegaknya demokrasi di Kota Cimahi”, tegas Dicky.

Dicky juga mengatakan hingga kini pemerintah terus memberikan dukungan kepada KPU baik pendanaan maupun fasilitas agar KPU dapat bekerja dengan efektif. “Saya yakin semua pihak sudah memiliki kedewasaan dan kematangan dalam mengikuti rangkaian demokrasi, sehingga pada pilwalkot Cimahi akan dapat diminimalisir pelanggaran dan penyimpangan dan dapat mengikuti peraturan yang berlaku. Dengan demikian Pilkada Kota Cimahi akan sukses seperti Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif sebelumnya”, ujarDicky.

Pada kesempatan itu diluncurkan pula tagline Sugema (Sukses, Gembira dan Mandiri) yaitu Sukses pelaksanaan, Gembira masyarakatnya dalam mengikuti pilkada dan Mandiri dalam penyelenggarannya. “Pilwalkot Cimahi menjadi momen penting untuk mewujudkan demokrasi yang kuat. Dalam hal ini Pengetahuan, pemahanan dan kesadaran masyarakat mengenai hak dan kewajiban akan terus mengalami peningkatan sehingga partisipasi pemilih pada Pilkada Kota Cimahi 2024 akan meningkat” kata Ketua KPU Anzhar Ishal Afryand.

Pada Peluncuran Pemilihan Walikota dan Wakil WalikotaCimahi 2024 diluncurkan pula tema yang berkaitan dengan upaya mewujudkan Cimahi Campernik dengan visi yang menggambarkan Kota Cimahi sebagai kota yang unggul, maju dan membangun secara berkelanjutan 20 tahun ke depan.

Intinya, Melalui Peluncuran Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cimahi 2024, diharapkan akan menuju pada proses Pilkada Kota Cimahi yang demokratis (die)