Nasional

Beragam Komunitas di Kediri Agendakan  Doa Bersama G-20 Skala Lebih Besar  

Kediri.Swara Jabbar Com.-Berbagai lembaga dan komunitas di Kabupaten dan Kota Kediri berencana akan menggelar doa bersama lintas agama dan komunitas lebih besar lagi demi suksesnya G-20 dan Pemilu Serentak 2024  menuju Indonesia Imam Perdamaian dunia. Kesepakatan ini hasil musyawarah bersama yang digelar di Situs Ndalem Pojok Persada Sukarno Ds. Pojok Kec. Wates Kab. Malam Rabu 25 Mei 2022 kemarin.

“Agenda ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan  bersama dari 20 lembaga dan komunitas yang bertanda tangan pada peringatan Harkitnas kemarin. Kita mantabkan lagi dan kita bersepakat untuk mengadakan agenda doa bersama lebih besar,” aku Kushartono Ketua Harian Situs Persada Sukarno Kediri. Kamis, 26 Mei 2022.

Menariknya pertemuan ini juga mengundang  KPU Kabupaten Kediri dan Bawaslu Kabupaten Kediri sebagai penyelenggara dan pengawas Pemilu Serentak 2024.

“Jadi kita  yang hadir ini dalam niatan membantu pemerintah khususnya KPU dan Bawaslu sebagai shohibul hajat Pemilu 2024, maka lembaga ini kita undang,” terang Lukito Sudiarto perwalikan  Beautiful Band.

Sejumlah komunitas menyakini bahwa kesuksesan G-20 ini akan sangat berpengaruh pada suksesnya Pemilu 2024. Bahkan juga akan berpengaruh untuk Indonesia Emas 2045  sebagaimana dicetuskan oleh Presiden RI.

“Kediri isyarat kita harus Kembali Ke Jati Diri. Maka kami meyakini memang  inilah  pijakan penting kebangkitan Indonesia lebih baik. Sebagaimana pesan leluhur pusaka paling sakti bukanlah tombak, pedang dan keris. Pusaka paling sakti dumunung ing jatidiri,” aku Mahmud pengurus DPD PCTA Indonesia Jawa Timur yang hadir pada malam itu.

“Secara tanda-tanda bisa di iyakan bahwa kebangkitan Indonesia lebih baik memang terkait Kediri. Kemarin di Goa Selomangkleng  teman-teman membuat kegiatan bertema “Kembali Nusantaraku” dengan slogan bersatu kita kuat bersama kita dahsyat,” papar Ki Budi Komunitas Bhinneka Tunggal Ika.

“Kami apresiasi dengan Situs Ndalem Pojok, atas  inisiasi aksi doa bersama dlm mensukseskan pagelaran G – 20 dan Sukses Pemilu 2024 . Kegiatan tersebut wujud peduli semua elemen bangsa, untuk perubahan bangsa Indonesia yang lebih bermartabat,  peduli rakyat dan Lahir Pemimpin bangsa yang adil,  bijaksana serta mulia,” ujar Miftachul Asrori Ketua Hakim LC.

Sementara berdasarkan daftar hadir musyawarah tercatat 20 lembaga dan komunitas dan mengamini agenda doa bersama ini. Diantaranya Situs Ndalem Pojok, PCTA Indonesia, DPD ORSHID Kabupaten Kediri, PALM Kediri, Gusdurian peduli(Lereng Kelud, OPSHID, TPQ Cinta Tanah Air, PAC ANSHOR Wates, Ahmadiyah Kediri, PDKK Kediri, PHK2 Kediri, BTS 88 Kediri, DPD PCTA Indonesia, Kampung Inggris Pare, Sanggar Jampi Sae, Patembayan Jawadipa, Studio Musik Luki dan JKPHS Kediri.

Rencana agenda doa bersama skala lebih besar akan dilaksanakan pada malam tasyakkuran Hari Pancasila Dasar Negara RI dan bersamaan dengan Harlah Bung Karno pada 5-6  Juni 2022 mendatang dengan tema “Yakin Keajaiban Tuhan YME. Indonesia Imam Perdamaian Dunia. Sukseskan G-20 dan Pemilu 2024 dengan Doa Lintas Agama dan Keyakinan.”

Selain doa bersama gelar tasyakuran Hari Pancasila Dasar Negara RI dan bersamaan dengan Harlah Bung Karno juga akan dimeriahkan dengan pagelaran seni budaya dari Sanggar Sasono Panji Saputro Persada Sukarno, Sangar Tari Ganapati Kusuma, Sanggar Mas Pecok juga pengobatan gratis dari Klinik Vitis Grogol dan pengobatan tradisional Nusantara dari Sanggar Jampi Sae.

“Tak kalah menarik juga ada diskusi Kebangsaan dengan tema “Soekarno, Pancasila dan Cita-Cita Perdamian Dunia” serta pemutaran Film dari Yayasan Bung Karno juga pegelaran lukis spektakuler oleh Mas Sonny pelukis asal Blitar yang pernah mendapatkan penghargaa rekor Muri,” pungkas Kushartono yang juga pengurus DPP PCTA Indonesia.*