Pemerintahan

Ternak sembuh dari PMK di Garut bertambah jadi 5.118 ekor

Garut.Swara jabbar com.-Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut, Jawa Barat menyampaikan kasus ternak yang sembuh dari wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) terus bertambah menjadi 5.118 ekor dan penyebarannya terus dipantau dengan memberlakukan karantina dan vaksinasi.

“Ternak yang telah menunjukkan sembuh atau perbaikan kondisi pasca pengobatan sebanyak 5.118 ekor ternak,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Garut Sofyan Yani di Garut,

Sofyan Yani menuturkan Satuan Tugas Pengendalian dan Penanggulangan PMK Kabupaten Garut terus melakukan langkah pencegahan, pengobatan, dan vaksinasi PMK terhadap ternak, terutama sapi.

Wabah PMK, kata dia, masih terus diawasi penularannya yang saat ini dilaporkan ternak terdampak PMK bergejala maupun tidak sebanyak 9.779 ekor tersebar di 26 dari 42 kecamatan di Garut.

“Tim teknis kesehatan hewan telah melakukan pelayanan kesehatan hewan berupa pengobatan pada ternak bergejala PMK dan suportif di ternak tak bergejala dengan total populasi 9.779 ekor ternak,” kata Sofyan. (*)