Pemerintahan

Ridwan Kamil Ingin Pertahankan Predikat A Dalam Akuntabilitas Kinerja

BANDUNG.SJN COM. -Pemerintah Provinsi Jawa Barat, akan terus berupaya untuk mempertahankan nilai A dalam akuntabilitas kinerja

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, dirinya ingin memastikan Provinsi Jabar tetap dapat nilai A untuk akuntabilitas kinerja seperti telah diperoleh selama ini.

“Tapi karena jumlah anggarannya ribu-ribu ternyata masih ada yang bolong. Nah saya ingin coba perbaiki sekarang,” ucap Ridwan Kamil, Senin (7/1).

Emil, sapaan akrabnya menjelaskan, yang kurang atau masih bolong-bolong terkait akuntabilitas ini salah satunya adalah pola pikir.

“Jadi, pola pikir yang keliru terkait ukuran keberhasilan. Yakni, saat ini masih banyak yang menilai keberhasilan kinerja dilihat dari penyerapan anggaran bukan dari kualitas. Jadi, asal anggarannya habis terserap,” ujarnya.

Mantan Walikota Bandung itu pun menargetkan, pada akhir Januari Provinsi Jabar bisa kembali mendapatkan nilai A. Karenanya sebagai seorang pemimpin, dirinya ingin memastikan, ‎bahwa uang yang dibelanjakan sesuai dengan visi misi.

“Nah kalau anggaran habis. Barang jadi atau nggak, proyek bagus nggak itu harus ada ukuran. Seolah-olah asal uang habis maka berhasil padahal pembangunan alun-alunnya jelek tapi dianggap selesai. Nah, itu yang akan kita perbaiki,” jelasnya.

Menurutnya, dengan mendapatkan nilai akuntabilitas kinerja A, maka bisa dipastikan apa yang direncanakan dan dibeli itu sama. Walaupun jumlahnya ribuan tapi bisa tetap terkontrol.

“Kalau banyak tidak terkontrol, akibatnya uang habis, tapi tidak ngefek. Habis tapi tidak berdampak terhadap pembangunan. Kayak saya minta teh malah dikasih kopi,” ungkapnya.

Dirinya pun berharap, dalam dua pekan upaya untuk mempertahankan akuntabilitas A bisa selesai. Sehingga, Pemprov Jabar bisa jadi teladan.

“Karena provinsi yang dapat A itu tidak hanya Yogyakarta, Jatim sama Jabar kalau nggak salah,” tandasnya.(dh)