Nasional

Pesan khusus Paus Untuk Kardinal Menjadi Pelayan Yang Berjiwa Compassion

Jakarta.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

Dalam Kunjungan ke Indonesia Paus Fransiskus memberikan khusus kepada Kardinal Ignatius Suharyo Kepala Keuskupan Se Indonesia. Pesannya adalah Semoga Anda menjadi Pelayan Yang Berjiwa Compassion.
Apakah artinya Pelayan Yang Berjiwa Compassion?

Compassion berasal dari kata Cum artinya Bersama Dan Passion berasal dari kata Patiri artinya Menderita. “Suffers With” Artinya Kita diminta menjadi Gereja yang mampu merasakan penderitaan sesama (spiritualitas Inkarnasi)
Seperti yang tertulis dalam Matius 20:28 (TB) sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”

Paus Fransiskus juga menceritakan mimpi dan harapan nya tentang Masa Depan Gereja Katolik. Paus Fransiskus memupuk mimpi untuk massa depan Gereja Katolik agar menjadi Gereja yang lemah lembut, rendah hati, melayani, dekat dan penuh kasih sayang kata Paus Fransiskus, lebih lanjut Paus Fransiskus mengatakan Kita harus menyederhanakan segala sesuatunya dalam memandang masa depan, mengatasi Klerikalisme yaitu Pandangan terhadap klerus sebagai elite dengan sikap superioritas moral dan menjauhkan diri dari umat beriman. Itu sudah ada menjadi penyakit, wabah! Kata Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus juga menekankan pentingnya pelayanan dan kerendahan hati dalam hidup seseorang Katolik. Paus Fransiskus mendesak umat Katolik untuk mengikuti jalan Penghinaan seperti yang ditunjukkan oleh Yesus Kristus Bapa Paus, dalam kesempatan tersebut Paus juga mendesak Para Imam untuk bertahan, tidak menyerah pada keduniawian, bertahan untuk tidak menyerah pada ” Godaan untuk mendaki”.

Paus Fransiskus juga meminta “Jangan takut akan dipermalukan” Paus Fransiskus juga menghimbau Marilah Kita Meminta Tuhan untuk mengirimkan kepada kita “beberapa penghinaan” Untuk membuat kita rendah hati. Karena tertulis dalam Matius 23:12 (TB) Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan