Pemerintahan

Aher Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Kyungwoon Korea

Korea Selatan.SJN.Com.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan kembali meraih penghargaan istimewa menjelang akhir masa jabatannya. Penghargaan tersebut diberikan Universitas Kyungwoon, Gumi, Gyeongsangbuk-Do, Korea Selatan berupa gelar doktor honoris causa.

Pemberian gelar dipimpin oleh Presiden Universitas Kyungwoon Han Sung Wok dalam upacara khusus yang dihadiri Gubernur Aher di Prime Hall, Universitas Kyungwoon, Gumi, Jumat (27/4/2018) waktu setempat.

Rektor Han Seong Wook mengatakan, pemberian gelar dari perguruan swasta bergengsi di Korea Selatan ini berdasarkan sejumlah alasan serta upaya Aher dalam merintis kerja sama dengan Provinsi Gyeongsangbuk-Do. Terutama terkait pembinaan olahraga di Jabar sejak 2010 hingga Jabar meraih prestasi gemilang pada PON XIX/2016 lalu.

“Gubernur Ahmad Heryawan memprakarsai MoU antara Jawa Barat dengan Gyeongsangbuk-Do. Sejak 2010, lalu pada 2011. Kerja sama ini berlanjut dengan pengiriman pelatih asal Korea Selatan untuk melatih di Jawa Barat,” ungkap Han Seong Wook dalam siaran pers ,Jumat (27/4/2018).

Menurut dia, kerja sama tersebut menambah erat hubungan persahabatan antara dua gubernur. Hal ini ditandai dengan diberikannya gelar doctor honoris causa kepada Gubernur Gyeongsangbuk-Do Mr Kim Kwan Yong dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). “Gelar doktor honoris causa ini adalah simbol persahabatan 2 provinsi,” katanya.

Gubernur Kim Kwan yang juga pernah mendapat gelar doktor honoris causa dari Kyungwoon kemudian mendorong universitas tersebut memberikan gelar yang sama kepada Gubernur Jabar Aher. “Sehingga kedua gubernur ini menjadi berasal dari almameter yang sama,” jelasnya.

Dalam pemberian gelar yang penuh kehangatan itu, Aher menerima gelar “Doctor Of Philosophy In Safety Science Honoris Causa”. Kedatangan Aher ke Prime Hall pun disambut meriah oleh ratusan mahasiswa yang hadir.

Gubernur Gyeongsangbuk-Do Kim Kwan hadir menyaksikan langsung pemberian gelar kepada Aher yang disebutnya sebagai sahabat lama dari Indonesia itu. Sebagai Ketua Komite Olahraga, Kim menilai, kerja sama antara provinsinya dengan Provinsi Jabar sebagai hal penting dan saling menguntungkan.

Sementara itu, Gubernur Aher mengaku sangat terharu dan mengapresiasi gelar bergengsi yang diberikan Universitas Kyungwoon tersebut. Menurut Aher, gelar doktor honoris causa bidang keolahragaan ini sangat bermakna karena kerja sama kedua belah pihak melahirkan kesan mendalam dan persahabatan yang kuat.

“Saya tidak menyangka karena penghormatan tidak hanya berhubungan antarprovinsi. Tapi hubungan ini diperdalam dengan pemberian gelar honoris causa pada saya,” tuturnya.