Pariwisata

Informasi Terkini Operasional Wings Air untuk Penerbangan di Jember dan Banyuwangi

ROGOJAMPI dan JENGGAWAH. SJN Com

 

Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group menyampaikan informasi terkini tentang penerbangan dari maupun ke Bandar Udara Banyuwangi, Jawa Timur (BWX) dan dari maupun ke Bandar Udara Notohadinegoro, Jember, Jawa Timur (JBB), sesuai pengumuman resmi dari otoritas bandar udara (notam), yaitu berupa penutupan operasional bandar udara (closed aerodrome), yaitu Blimbingsari Banyuwangi mulai pukul 03.40 WIB sampai dengan 05.00 WIB dan diperpanjang hingga pukul 15.00 WIB. Sedangkan di Jember ditutup mulai pukul 05.48 WIB hingga 06.00 WIB dan diperpanjang pukul 15.00 WIB. 3 Juli 2018

 

Kondisi itu dikarenakan dampak erupsi dan aktivitas yang mengalami peningkatan dari Gunung Agung di Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali.

 

Wings Air menginformasikan bahwa material abu vulkanik atau volcanic ash dapat merusak pesawat, sehingga membahayakan penerbangan.

 

Dalam menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan, operasional Wings Air mengalami penyesuaian dengan kondisi tersebut pada beberapa penerbangan.

 

Informasi rute Wings Air dengan status pembatalan penerbangan (cancel flight) hari ini, sebagai berikut:

 

Keberangkatan Domestik (departure)

  • Wings Air     IW1873         Jember – Surabaya
  • Wings Air     IW1881         Banyuwangi – Surabaya

 

Kedatangan Domestik (arrival)

  • Wings Air     IW1872         Surabaya – Jember
  • Wings Air     IW1880         Surabaya – Banyuwangi

 

Lion Air Group melakukan penanganan kepada seluruh pelanggan yang terkena dampak sesuai kebijakan perusahaan, yaitu:

  • Standart Operation Procedure (SOP), yaitu pengembalian dana mengacu pada aturan pemerintah untuk force majeureyang terdapat dalam PM 185 tahun 2015, bahwa untuk penerbangan dengan kelompok layanan no frills (low cost carrier/ LCC)dilakukan pemotongan biaya administrasi 10% dari harga tiket dasar (basic fare) yang telah dibayarkan oleh pelanggan.
  • Perubahan jadwal penerbangan (reschedule) dengan tanpa dikenakan biaya tambahan.

 

Wings Air telah menginformasikan kepada seluruh pelanggan yang terganggu perjalanannya dan akan memperbarui informasi sesuai perkembangan lebih lanjut.

 

Wings Air akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dalam memberikan keterangan sesuai  situasi terkini.

 

Operasional Wings Air akan berjalan normal kembali setelah bandar udara di Banyuwangi dan Jember dinyatakan aman (safety) untuk penerbangan.

 

Lion Air Group menyatakan patuh dan menjalankan kebijakan bandar udara, pemerintah selaku regulator dan standar prosedur operasi (SOP) Lion Air Group serta ketentuan internasional dalam menjalankan seluruh jaringan operasional.

 

Melalui kesempatan ini, Lion Air Group menghimbau kepada media, pelanggan dan masyarakat, untuk mengetahui perkembangan berikutnya hanya mengacu pada informasi yang diberikan secara resmi oleh Lion Air Group dan pihak terkait/ berwenang.