Nasional

PENYATUAN API ASIAN GAMES JADI KEBANGGAAN DAN KEHORMATAN INDONESIA

Sleman.SJN Com

 

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, memimpin acara penyatuan api abadi dari India dan dari Mrapen dalam rangkaian acara Torch Relay Concert di Lapangan Brahma, Kompleks Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, jelang Asian Games ke-18, Rabu malam (18/7/2018).

Setelah lebih dari 20 tahun, pada tanggal 18 Agustus 2018 Indonesia akan menyelenggarakan Asian Games ke-18. Karena itulah, kata Jusuf Kalla, penyelenggaraan kali ini merupakan kebanggaan tersendiri setelah melaksanakan yang kedua kalinya Asian Games ini.

Bagi Jusuf Kalla, Asian Games merupakan kehormatan untuk semuanya. “Dan juga tentu untuk memperlihatkan kemampuan kita, baik dalam hal pembangunan infrastruktur venue olahraga, kemampuan kita mengorganisasi dan insya Allah kemampuan kita berprestasi dalam olah raga,” kata Jusuf Kalla, yang menambahkan tiga hal tersebut adalah sangat penting.

Menurut Jusuf Kalla, api ini melambangkan dari semangat untuk penyelenggaraan dan prestasi olahraga Indonesia. “Pada malam ini kita akan memulai kirab api Asian Games yang telah digabungkan api dari India sebagai pelaksana Asian Games yang pertama dan api dari Indonesia yang tentunya memberikan kita semangat,” papar Jusuf Kalla.

Arti dari pada api itu, seperti dikatakan Jusuf Kalla, ialah semangat. “Memberi kita semangat bahwa hanya dengan jiwa yang membara kita akan sukses dalam penyelenggaraan Asian Games dan juga prestasi olahraga itu,” kata Jusuf Kalla.

Wakil Presiden RI pun berharap, kirab api Asian Games ini dapat memberi semangat rakyat Indonesia untuk menyukseskan Asian Games ke-18.

Kirab api Asian Games ini yang akan melintasi 18 provinsi dan 54 kota, diharapkan Jusuf Kalla, dapat memberikan semangat dan jiwa pengabdian dan jiwa perjuangan kepada seluruh rakyat untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games ini.

“Karena dengan semangat itulah bangsa akan maju. Tidak ada bangsa maju tanpa semangat,” tandas Jusuf Kalla, yang menambahkan semangat olahraga, semangat pembangunan, semangat perjuangan, semuanya sangat penting untuk bangsa ini.

“Kita harapkan semuanya sukses dan tentu kehormatan untuk kita semuanya,” ujar Jusuf Kalla. (Affan)